Header Ads

Biar Tak Menyesal Belakangan, Simak Tips Membeli Smartphone Ini

Smartphone (Foto: Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com - Di pasaran banyak sekali smartphone terjangkau dengan kapasitas memori penyimpan internal yang hanya 4GB. Tapi, tahukah Anda kalau kapasitas 4GB saat ini tidak lagi ideal untuk kondisi saat ini? Mengapa demikian?

PR Asus System BG, Davina Larissa menjelaskan sebagai gambaran, coba saja simak aplikasi yang beredar di toko aplikasi Android sekarang ini. Mulai dari aplikasi game, multimedia, photo editor, sosial media dan lainnya, rata-rata yang memiliki konten dan tampilan yang baik lazimnya memiliki ukuran file yang besar.

"Kita ambil contoh, misalnya game seperti Clash of Clans. Ia punya ukuran download 53MB. Aplikasi aplikasi editing foto VSCO ukurannya 22MB. Subway Surfer, ukurannya 95.89MB. Path sekitar 83MB, WhatsApp 55MB, sementara Facebook, punya ukuran 234MB," terangnya.

Belum lagi aplikasi produktivitas seperti Google Translate 269MB, Google Browser, Sticky Note atau game 3D lainnya yang hampir bisa memiliki kapasitas hingga 500 MB. Jika semua itu ditambahkan, pastinya akan cukup menguras daya tampung penyimpanan internal hingga lebih dari 1GB.

"Itu baru aplikasi. Belum lagi ditambah file cache dan update dari aplikasi tersebut yang terus menerus disuguhkan oleh developer. Jika dikalkulasi, semua itu telah sanggup menguras ruang penyimpanan memori Anda hingga 4GB. Artinya, tak ada lagi tempat untuk menyimpan foto, video atau musik kesayangan.

Menambah memori eksternal (MicroSD) pun, terangnya, tidak berarti pasti menyelesaikan masalah, karena banyak aplikasi yang tidak bisa dipasang di memori eksternal. Kecuali mau repot melakukan modifikasi terhadap sistem Android yang terinstalasi di smartphone.

"Di sinilah pentingnya ruang simpan minimal 8GB. Kapasitas ini memungkinkan pengguna menyimpan data, aplikasi, game, dan lainnya dengan lebih leluasa." (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.