Header Ads

Ini Daftar Lengkap Beasiswa ke Belanda



Pameran Beasiswa Belanda oleh Nuffic Neso Indonesia (KalderaNews/Johanes S)


JAKARTA, KalderaNews.com - Ada pepatah "Seribu Jalan Menuju Roma". Namun, pepatah itu kini bisa diperbarui menjadi "Seribu Jalan Studi di Belanda".

Studi di luar negeri kini bisa diwujudkan oleh siapa pun. Studi di Belanda, terang Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker,  kini tidak hanya milik mereka yang berduit. Bagi mereka yang berprestasi, namun terkendala biaya, kini muncul beragam beasiswa yang ditawarkan Belanda pada warga dunia, khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Berikut ini daftar beragam beasiswa studi di Belanda:

1. Beasiswa StuNed (Deadline: 15 Maret)

Beasiswa StuNed (Studeren in Nederland) sendiri adalah program beasiswa yang bertujuan untuk membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia.

Koordinator Tim Beasiswa Nuffic Neso Indonesia, Indy Hardono menyampaikan ada tiga program beasiswa yang ditawarkan oleh StuNed yaitu master, short course dan Tailor Made Training.

Enaknya, beasiswa yang ditawarkan StuNed full. Artinya, mencakup uang kuliah, biaya hidup (uang bulanan), biaya penelitian (bila diperlukan), paket asuransi (perjalanan, kesehatan, third party liability), biaya perjalanan internasional dan lokal, biaya pembelian buku-buku kuliah dan biaya pengurusan visa.

2. Beasiswa OTS (Deadline: 1 April)

Orange Tulip Scholarship (OTS) adalah program beasiswa bagi warga negara Indonesia. Institusi pendidikan tinggi Belanda, perusahaan Belanda dan pemerintah Indonesia, bergabung sebagai sponsor untuk membuka lebih banyak kesempatan studi di Belanda.

Sebanyak 26 institusi pendidikan tinggi Belanda yang berbeda berkontribusi pada program beasiswa OTS ini. Setidaknya ada 39 skema beasiswa yang berbeda untuk 69 individu dengan nilai total 713.250 Euro.

Syarat penting yang membedakan beasiswa ini dengan beasiswa studi ke Belanda lainnya adalah si pelamar mau tidak mau harus diterima di universitas yang bersangkutan terlebih dahulu.

Nah, mengingat batas waktu pendaftaran secara umum pada 1 April dan beberapa skema memiliki tenggat waktu yang berbeda, buruan daftar di universitas di Belanda yang Anda inginkan dan baca-baca informasi selengkapnya.

3. Beasiswa NFP

Beasiswa Netherlands Fellowship Programme (NFP) bertujuan untuk membangun kapasitas organisasi di 51 negara melalui pelatihan dan pendidikan para profesional. NFP sepenuhnya didanai oleh Kementerian Luar Negeri Belanda.

Kelompok yang menjadi target NFP adalah para profesional yang bekerja, tinggal dan merupakan warga negara negara NFP. Kesempatan Anda untuk mendapatkan beasiswa NFP juga bertambah jika Anda tinggal dan bekerja di daerah Afrika Sub-Sahara dan/atau Anda adalah wanita.

Beasiswa NFP diprioritaskan untuk 50% anggaran untuk pendaftar dari Afrika Sub Sahara dan 50% untuk pendaftar wanita.

4. Beasiswa Pascasarjana DIKTI

Beasiswa ini diperuntukkan bagi para dosen tetap serta tenaga kependidikan di lingkungan Kemdikbud untuk mengikuti program magister dan doktoral di Belanda.

Dana beasiswa ini berasal dari program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar negeri (BPPLN), yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemernterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebagai persiapan, alangkah baiknya kandidat mengurus surat penerimaan (letter of acceptance) dari universitas di Belanda.

5. Beasiswa LPDP

Beasiswa ke Belanda yang satu ini diperuntukkan bagi putra-puti terbaik bangsa Indonesia. Adapun 6 bidang yang menjadi fokus program beasiswa ini adalah teknik, sains, pertanian, akuntansi/keuangan, hukum dan agama.

6. Beasiswa dari Institusi Pendidikan Tinggi Belanda

Institusi pendidikan tinggi Belanda juga menawarkan berbagai beasiswa bagi pelajar atau mahasiswa Indonesia untuk studi di Belanda.

Untuk mencari beasiswa dari institusi pendidikan tinggi Belanda, sebaiknya Anda rajin mencarinya di link Grandfinder.

7. Beasiswa lainnya

Beasiswa studi di Belanda lainnya diberikan oleh pemerintah Indonesia dan Uni Eropa, yaitu:

- Beasiswa Ungggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
- Erasmus Mundus
- Beasiswa Kominfo
- Beasiswa SPIRIT
- dll.

Mengingat banyaknya beasiswa yang ditawarkan, Anda tinggal memilih yang terbaik. Berbagai informasi ini dapat Anda baca dan gali di www.nesoindonesia.or.id (J.S)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.