Header Ads

12 Pelajar Afrika Barat Dapat Beasiswa Studi di Indonesia

Dubes Mansyur Pangeran bersama para penerima beasiswa bersama staf KBRI Dakar (KalderaNews/KBRI Dakar)

DAKAR, KalderaNews.com - Sebanyak 12 pemuda dari wilayah Afrika Barat akan segera berangkat ke Indonesia dalam rangka program Beasiswa Darmasiswa dan Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dari Pemerintah Indonesia. Para pemuda tersebut berasal dari Senegal, Gambia, Mali, Pantai Gading dan Sierra Leone, yang seluruhnya merupakan negara yang terakreditasi untuk KBRI Dakar.

Dubes RI di Dakar Mansyur Pangeran menyampaikan bahwa dua belas pelajar yang telah lolos seleksi tersebut nantinya akan mengikuti kegiatan pembelajaran di berbagai universitas pilihan di Indonesia, baik swasta maupun negeri. 

Mereka akan menjalani studi selama satu sampai dua tahun di Indonesia dalam berbagai jurusan, antara lain Bahasa Indonesia, kebijakan publik, teknik industri, sistem informasi dan manajemen.

Pada acara pelepasan keberangkatan peserta Beasiswa Darmasiswa dan KNB 2017/2018 di KBRI Dakar, Kamis (3/8) Dubes Mansyur menjelaskan pada 2017 ini jumlah peserta beasiswa yang lolos dari negara akreditasi KBRI Dakar sebenarnya berjumlah 15 orang. Tiga diantaranya terpaksa mengundurkan diri karena alasan finansial dan keluarga. 

Second Secretary Head of Information, Social and Cultural Affairs KBRI Dakar Dimas Prihadi pada KalderaNews menambahkan para pelajar tersebut lolos melalui seleksi ketat yang diorganisir oleh Kemdikbud dan Kemristekdikti. Total aplikasi beasiswa yang diterima oleh KBRI Dakar pada tahun ini cukup banyak, yaitu 60 untuk Darmasiswa dan 74 untuk KNB. Dengan kuota yang sangat terbatas mereka harus berkompetisi dengan para pelajar dari seluruh dunia. (JS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.