Header Ads

Alamak, Warga Rusia Berjubel Kepincut Wayang Kulit

Pementasan Wayang Kulit Purwa oleh Ki Dalang Dr. Eddy Pursubaryanto pada Festival Indonesia Moskow 2017 (KalderaNews/KBRI Moskow).
MOSKOW, KalderaNews.com - Pementasan Wayang Kulit Purwa dalam Festival Indonesia Moskow 2017 berhasil menyedot perhatian para pengunjung festival di Moscow Hermitage Garden, Rusia, selama 3 hari, 4-6 Agustus 2017.

Secara khusus dalam rangkaian Festival Indonesia Moskow 2017, KBRI Moskow menyelenggarakan pementasan Wayang Kulit hampir setiap hari, di panggung utama (main stage) sebanyak dua kali pementasan dan di Tenda terpisah (10x10m) juga dua kali pementasan. 

Dalam keterangan pers KBRI Moskow pada KalderaNews, setelah pementasan diselenggarakan juga pelatihan berupa Master Class Wayang oleh Ki Dalang Dr. Eddy Pursubaryanto dan Master Class Gamelan oleh Composer (penata iringan) Tri Koyo.

Ki Dalang Dr. Eddy Pursubaryanto, seorang Dalang dan sekaligus Dosen di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada didatangkan spesial dari Yogyakarta untuk menggebyar Moskow dengan Wayang Kulit Purwa untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia di negeri beruang merah Rusia.

Wayang Kulit yang dibawakan dalam pementasan wayang mengambil Lakon ‘Dasamuka Lena’, berdurasi sekitar 45 menit dengan dibagi dalam tiga adegan utama yang menyatu dalam satu pertunjukan. Bahasa yang digunakan dalam pertunjukan dengan dwi bahasa, yaitu Indonesia-Rusia. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini