Header Ads

Fespas Penabur 2017 Jadi Inspirasi dan Barometer Festival Kancah Dunia

Brosur Penabur International Choir Festival (PICF) 2017 (KalderaNews/Johanes S)
JAKARTA, KalderaNews.com - Festival paduan suara antar sekolah tingkat internasional Penabur International Choir Festival (PICF) 2017 akan dihelat dalam waktu dekat ini di Penabur International Kelapa Gading, Jakarta Utara, 5-9/9.

Saat berita ini diturunkan, setidaknya sudah ada 32 kelompok paduan suara dari internal Penabur dan 99 kelompok paduan suara eksternal Penabur. Secara lebih rinci, peserta PICF 2017 berasal dari 16 provinsi di Indonesia dan dua dari mancanegara yaitu Filipina dan Malaysia. Adapun total peserta telah mencapai 4.800 orang.

Festival ini memang tergolong unik karena mengakomodir 8 kategori sekaligus yang jarang kita temui dalam festival-festival paduan suara bertaraf internasional sekalipun. Oleh sebab itu, sudah selayaknya perhelatan PICF 2017 ini dapat penghargaan MURI. Kedelapan kategori tersebut yaitu Kindergarten Choir, Primary School Choir, Junior High School Choir, Senior High School Choir, Mixed Youth Choir, Folklore, Gospel Spiritual dan Musica Sacra (musik rohani).

Sementara itu, tim juri yang beranggotakan sepuluh orang adalah juri pilihan dengan keahlian bertaraf internasional, seperti Paul Smith (Inggris Raya), Mark O Leary (Australia) dan Ivan Yohan (Indonesia).

Berbagai pihak ikut mendukung berlangsungnya PICF 2017 antara lain Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Dirjen Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Tak mengherankan, PICF 2017 ini jadi barometer festival paduan suara antar sekolah di kancah internasional. Apalagi, festival ini direncanakan bakal dihadiri Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Jakarta Utara, para Duta Besar dari negara-negara ASEAN seperti Kamboja, Thailand, Singapura, Laos, Myanmar, Filipina, dan Vietnam. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini