Header Ads

12 Negara Ikuti Training in Hydrographic Survey for Disaster Management and Relief

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro saat memberikan sambutan pada pembukaan training (KalderaNews/Kadisinfolahta)

JAKARTA, KalderaNews.com - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) selama lima hari (11-15/9) menjadi tuan rumah Training in Hydrographic Survey for Disaster Management and Relief bertempat di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara.

Pelatihan yang memfokuskan pada peran survei hidrografi dalam pengelolaan dan penanggulangan bencana alam ini diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari 12 negara anggota East Asia Hydrographic Commission (EAHC), yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini, Vietnam, Jepang, Cina, Korea Selatan serta Indonesia sebagai tuan rumah.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro dalam sambutannya pada pembukaan training, antara lain mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu program EAHC, dimana Indonesia merupakan salah satu anggotanya. Sebagai anggota Komunitas hidrografi dan pemetaan, Indonesia harus berupaya meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya di negara-negara kawasan Asia Timur dan Pasifik Selatan.

Kadisinfolahta Kolonel Laut Asep Subhan pada KalderaNews menyampaikan
legiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan hidrografi, mulai dari saat pengumpulan, pengolahan, dan analisa data yang dapat digunakan untuk mengelola dan meminimalkan korban akibat bencana alam serta guna menetapkan  rute alternatif untuk keselamatan navigasi bagi kapal-kapal yang berlayar di sekitar daerah bencana, serta  up dating data hidrografi yang merupakan hal yang sangat penting demi suksesnya misi bantuan kemanusiaan penganggulangan bencana.

Turut hadir, Deputi I Kemenkomar Dr. Arief Havas Oegroseno yang menyampaikan perspektif kebijakan pemerintah dalam penanggulangan bencana dan arti penting dari dukungan pemetaan hidrografi dalam mitigasi bencana maupun dukungan penanggulangan bencana. Selanjutnya Ka BNPB Laksda TNI (Purn) Willem Rampangilei juga menyampaikan peran dan tugas BNPB dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana serta mitigasi bencana. (NS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini