Header Ads

Biar Nggak Baper, Kalau Utang Tuh Tahu Diri, Ini 5 Tipnya


JAKARTA, KalderaNews.com - Setiap dari kita pasti punya pengalaman duit ke orang lain. Utang itu boleh-boleh saja dan tak ada yang ngelarang. Utang bisa bermanfaat dan berguna di tangan orang yang pandai dan bijak, tetapi menjadi petaka dan dijamin bikin baper bagi mereka yang nggak tahu diri.

Kebiasaan utang yang buruk itu gali lubang tutup lubang. Kalau sudah seperti itu, hidup kita bakal seterusnya hanya gali lubang tutup lubang alias gampang utang sana-sani, sampai tak disadari satu RT atau satu kampung atau satu kampus tahu kebiasaan utang kita. Bisa baper dan tekanan batin tuh. Nah, biar utang kita tuh nggak bikin baper, berikut ini tips bijak yang wajib diketahui:

1. Tidak untuk yang konsumtif
Kita utang uang ke teman, sahabat hingga bank sebaiknya jangan untuk tujuan yang konsumtif. Apalagi, nominal utang (pinjamannya) gede. Alangkah bijaksananya kalau utang itu ntuk tujuan yang sifatnya produktif atau memiliki nilai investasi.

2. Cermati batasan kemampuan finansial
Ini penting agar tidak macet pelunasannya. Jangka waktu pelunasan juga perlu dirancang dengan teliti.

3. Pelajari produk pinjaman
Kalau perlu dibandingkan keunggulan dan kelemahan antar produk pinjaman. Jangan sampai kita tergiur dengan gampangnya pencairan pinjaman, tetapi justru mencekik belakangan karena bunganya tinggi.

4. Diskusikan dengan orang dekat
Untuk pinjaman dalam jumlah besar, ada baiknya didiskusikan dengan orang dekat atau yang dipercaya agar utang tak mengoyak keuangan secara keseluruhan.

5. Bayar cicilannya tepat waktu
Disiplin bayar cicilan utang adalah pola hidup yang baik. Menunda cicilan sama saja menambah utang karena pasti ada denda atau penalti. Jangan tergiur menggunakan uang cicilan untuk hal-hal lainnya. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.


Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini