Header Ads

FIKSI Dirancang Bisa Lahirkan Penyedia Lapangan Kerja di Masa Depan

Opening Ceremony Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) di Harris Ciumbeleuit Hotel and Convention Bandung, Selasa, 12/9 (KalderaNews/Ist)

BANDUNG, KalderaNews.com - Direktur Pembinaan SMA, Drs. Purwadi Sutanto, M.Si menegaskan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tak hanya untuk membangun semangat dan jiwa kewirausahaan kepada siswa SMA/MA, namun juga memberikan pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat mengakselerasi wirausahanya, melatih aktivasi empati, membangun rasa tanggung jawab, dan kemandirian sosial sampai dengan ekonomi, dan menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda kreatif secara berkelanjutan.

Hal ini ditegaskannya saat membuka FIKSI di hadapan para peserta yang mengenakan pakaian adat khas daerah asal masing-masing di Harris Ciumbeleuit Hotel and Convention Bandung, Selasa, 12/9. Dari total 689 siswa pendaftar se-Indonesia, hanya terpilih 130 finalis dengan 75 rencana bisnis terpilih yang dapat memamerkan karya atau produknya pada festival ini.

Pada tahun kedua ini FIKSI mengangkat konsep kegiatan berupa #PestanyaWirausahaMuda. Festival wirausaha yang diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dari seluruh Indonesia ini memfasilitasi siswa yang berminat dan berbakat dalam berwirausaha lewat kegiatan yang meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, penyusunan rencana usaha, serta perencanaan keberlanjutan usaha.

Diberitakan KalderaNews sebelumnya, FIKSI hadir sebagai ajang untuk mendorong inovasi generasi muda dalam berwirausaha, yang merupakan kunci untuk mengoptimalkan potensi industri ekonomi kreatif dalam skala kecil hingga besar. FIKSI merupakan sebuah langkah strategis untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dalam mengaplikasikan ide-ide inovatifnya dalam berwirausaha. Di masa depan, mereka dapat menjadi tulang punggung ekonomi sebagai penyedia lapangan kerja. (NS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini