Header Ads

Ingin Kuliah di Amerika, Cobalah Beasiswa Fulbright atau YSEALI


JAKARTA, KalderaNews.com - Kedutaan Besar Amerika Serikat menawarkan berbagai program beasiswa untuk Indonesia. Assistant Cultural Affairs Officer Embassy of United States of America (USA) Maxwell S Harrington menegaskan salah satu program beasiswa Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia adalah Fulbright. Program beasiswa ini boleh dikata tertua dari Pemerintah AS yang berjalan di Indonesia sejak tahun 1952 dan di 160 negara lainnya.

Di Indonesia, program ini dikelola di Indonesia oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF). Sebuah yayasan nirlaba yang didirikan atas hasil kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dan AS pada tahun 1992.

Ada berbagai jenis tawaran termasuk kriteria pelamar yang dicari. Dua di antara beasiswa yang tersedia adalah Fulbright Master’s Degree Program serta Fulbright PhD Degree Program. Kedua beasiswa tersebut ditujukan kepada calon yang akan mengambil studi S2 atau S3 di Amerika Serikat. Setiap tahunnya AMINEF memberikan beasiswa kepada warga AS dan Indonesia untuk belajar, mengajar atau melakukan penelitian dalam berbagai disiplin ilmu.

Selain program Fulbright, ada pula Young Southeast Asian Leaders (YSEALI). Program ini diperuntukan bagi masyarakat Indonesia yang berusia 18-35 tahun. Program yang pertama kali dibentuk pada tahun 2013 dan diinisasikan oleh President Amerika Serikat, Barrack Obama ini ingin menguatkan hubungan antara Amerika Serikat dan komunitas negara ASEAN dalam bidang lingkungan, sumber daya alam, ekonomi, wirausaha dan juga hubungan kewarganegaraan. (NS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.