Header Ads

Kapushidrosal Jadi Pembicara di Korea Selatan

Kepala Pusat Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro di Seoul, Korea Selatan (KalderaNews/Pushidrosal)

SEOUL, KalderaNews.com - Kepala Pusat Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro menekankan pentingnya stabilitas keamanan di bidang maritim saat menjadi pembicara 13th International Seapower Symposium di Hotel Westin, Seoul, Korea Selatan, Selasa-Rabu, 5-6/9. 

Pada kesempatan yang istimewa ini, seperti disampaikan Kadisinfolahta Kolonel Laut Asep Subhan pada KalderaNews, Kapushidrosal memaparkan makalah berjudul “Defense Diplomacy for Invigorating Harmonious Atmosphere in the Asia Pacific Region: Indonesia’s Perspective”.

Ia mengakui diplomasi pertahanan telah digunakan tidak sekedar secara tradisional lagi, tetapi lebih sebagai alat untuk menentukan kebijakan mengenai hubungan dengan  negara asing dan keamanan. Negara-negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk negara-negara ASEAN, telah melakukan diplomasi pertahanan tersebut untuk meredakan ketegangan antar negara dengan meningkatkan kerjasama dan komunikasi melalui berbagai perjanjian kerjasama.

Menurut Kapushidrosal, Indonesia mendukung peran diplomasi pertahanan ini guna memastikan keamanan dan stabilitas kawasan, terutama pada masa damai. Hal ini telah dilaksanakan oleh TNI AL dengan menjadi tuan rumah Maritime Security Symposium dengan menghadirkan Kepala Staf Angkatan Laut dari Western Pacific Naval Symposium (WPNS) dan Indian Oceans Naval Symposium (IONS). Dan yang baru-baru ini dilaksanakan dihelat yaitu International Maritime Security Symposium atau IMSS. 

"Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud peran serta Indonesia dalam upaya mengurangi ketegangan-ketegangan yang dapat timbul antar negara-negara dalam satu kawasan, serta guna mendukung terjaminnya stabilitas dan keamanan regional, sehingga diharapkan dapat terwujud situasi yang damai," tandasnya. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini