Header Ads

RI-Peru Kerjasama Kelola Warisan Budaya


LIMA, KalderaNews.com - Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-3 dan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-4 RI – Peru dilaksanakan secara back to back di Lima, Peru, 21-22/9.

Pada SKB ke-3 Delegasi Peru dipimpin oleh Luis Quesada Inchaustegui Direktur Jenderal Urusan Ekonomi, Kementerian Luar Negeri Peru, dan FKB ke-4 dipimpin oleh Jose Antonio Bellina Acevedo Direktur Jenderal urusan Asia dan Oceania, Kementerian Luar Negeri Peru.


Sementara itu, delegasi RI dipimpin oleh Muhammad Anshor Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI dan didampingi Duta Besar RI untuk Peru Moenir Ari Soenanda.


Ketua Delegasi Peru menyampaikan bahwa Peru menempatkan Indonesia sebagai mitra strategis yang memiliki peran yang sangat besar di tingkat regional maupun internasional. Sementara itu, Ketua Delri menyampaikan pertemuan ini merupakan wujud keinginan kuat RI dan Peru untuk meningkatkan hubungan kedua negara yang tercermin dalam penguatan dan perluasan kerja sama di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.


Secara khusus, kedua negara juga meningkatkan kerjasama baru di bidang warisan budaya. Sebagai negara yang memiliki situs sejarah dan warisan budaya yang unik, kedua negara sepakat mengembangkan kerja sama perlindungan benda bersejarah dan cultural heritage, termasuk kerja sama antar otoritas candi Borobudur di Indonesia dengan pengelola Machu Picchu. (NS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare ke saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.