Header Ads

Yuk Buruan, Beasiswa SHARE Periode Keempat untuk Mahasiswa Asean Telah Dibuka


JAKARTA, KalderaNews.com - Uni Eropa (EU) dan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengundang mahasiswa di kawasan Asia Tenggara untuk mendaftar Beasiswa SHARE periode keempat yang akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar di universitas di wilayah Asia Tenggara atau Eropa selama satu semester selama periode bulan Desember 2017 – Agustus 2018. Pendaftaran Beasiswa SHARE resmi dibuka pada Rabu, 13 September 2017 dan akan ditutup pada Jumat, 10 November 2017. 

Deputi Sekertaris Jenderal Komunitas Sosial-Budaya ASEAN, Vongthep Arthakaivalvatee mengatakan beasiswa ini merupakan hasil kerjasama khusus ASEAN dan Uni Eropa guna memberdayakan mahasiswa-mahasiswa berprestasi agar dapat meraih karir yang mereka pilih sekaligus bertukar pemahaman serta pengalaman yang tak ternilai. Sebuah sistem pendidikan tinggi regional yang efektif terpusat pada sebuah skema beasiswa yang kuat bagi mahasiswa-mahasiswa adalah sebuah elemen kunci dalam mempromosikan keterhubungan masyarakat (people connectivity).


"Peningkatan mobilitas mahasiswa (student mobility) adalah sebuah prioritas ASEAN seperti yang telah ditetapkan dalam Rencana Kerja ASEAN (ASEAN Work Plan) dalam bidang Pendidikan periode 2016-2020 serta dalam Deklarasi Kuala Lumpur untuk Pendidikan Tinggi pada 2015,” tegasnya pada KalderaNews.

Melanjutkan kesuksesan Program Beasiswa SHARE periode pertama hingga ketiga, Uni Eropa dan ASEAN telah memberikan sebanyak 171 beasiswa penuh kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi dari 32 universitas di kawasan Asia Tenggara yang tersebar di 8 negara anggota ASEAN. Dalam periode keempat ini, ada sebanyak 175 beasiswa yang disediakan bagi para mahasiswa di ASEAN. Informasi lebih lanjut terkait persyaratan dan tata cara pendaftaran beasiswa dapat silahkan klik tautan BEASISWA SHARE ASEAN.

SHARE merupakan proyek kerjasama ASEAN dan Uni Eropa untuk mendukung visi ASEAN yang bertujuan untuk membangun Area Pendidikan Tinggi ASEAN, memperkuat kerjasama regional, meningkatkan kualitas, daya saing dan internasionalisasi institusi pendidikan tinggi dan para mahasiswa ASEAN, yang kemudian berkontribusi kepada komunitas ASEAN yang memfokuskan pada sumber daya manusia. (JS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.