Header Ads

Dua Beasiswa Perancis Ini Banyak Diburu, Masak Kamu Tidak


JAKARTA, KalderaNews.com - Perancis termasyur dalam kualitas pendidikannya dengan biaya yang terjangkau. Terjangkau karena pemerintah Perancis memberikan subsidi pendidikan hingga 90%. Meski difavoritkan, ternyata banyak mahasiswa Indonesia yang ragu karena kemampuan bahasa Perancisnya.

Kalau mau kuliah di Perancis, penguasaan bahasa Perancis menjadi sebuah keharusan. Tingkat kemampuan bahasa Perancis DELF B2 diperlukan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di Perancis. Khusus untuk program studi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, kamu hanya perlu berada di tingkat DELF B1. Kemudian untuk program Doktoral dan Magister, bahasa pengantar di kelas menggunakan bahasa Inggris.

Yang di Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan, Balikpapan dan Denpasar ada beberapa tempat kursus bahasa Perancis yang bisa dijadikan rekomendasi seperti Institut Francais d’Indonesie (IFI) dan Alliance Francaise (AF). Nah, bagi kamu yang ingin belajar di Perancis, ada dua beasiswa yang tersedia untuk siswa asal Indonesia:

1. Eiffel Scholarship
Program beasiswa Eiffel ini tersedia khusus untuk siswa-siswa dari negara berkembang, termasuk Indonesia yang akan melanjutkan studi Magister dan Doktoral di Perancis. Sama dengan program beasiswa BGF, beasiswa Eiffel ini termasuk beasiswa penuh di mana biaya hidup kamu selama masa studi (durasi 1-2 tahun) akan ditanggung. Nah, untuk kamu yang berminat dengan beasiswa ini, pendaftarannya yaitu tanggal 26 November hingga 1 Desember.

2. BGF (Bourse du Gouvernement Fran├žais)
Beasiswa program Magister dan Doktoral ini mencakup biaya hidup selama studi, tiket perjalanan internasional, biaya kuliah, visa dan juga asuransi. Program studi yang diprioritaskan adalah Ilmu Pengetahuan, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.