Header Ads

Ilham Habibie: Indonesia Bisa Jadi Negara Raksasa Digital Ekonomi di Asia

Vice-Chairman of Telematics Broadcasting, Research & Technology Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie MBA (KalderaNews/Ist)
JAKARTA, KalderaNews.com - Vice-Chairman of Telematics Broadcasting, Research & Technology Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie MBA memaparkan topik “Disruptive Innovation in ICT Its impact in the economic development” di Konferensi Comsnets Indonesia 2017 sukses digelar di Hotel Fairmont Jakarta, 5-6/10.

Dalam paparannya Ilham Habibie mengatakan bahwa Indonesia memiliki peluang besar menjadi negara raksasa digital ekonomi di Asia. Beberapa hal yang mendukung ke arah itu adalah pengguna ingternet yang sudah mencapai 80 juta orang, infra struktur telekomunikasi yang sudah mulai membaik dan merata serta tingkat kesadaran orang Indonesia yang mulai tinggi.

Yang perlu dilakukan adalah bagaimana melakukan pemeratan industri digital itu lebih merata sehingga tidak ada kesenjangan yang jauh antara orang yang sudah melek digital dan orang yang masih tetap berpola konvensional. 

“Ini penting dilakukan edukasi yang lebih massif karena jika kesenjangan pengetahuan digital tidak merata maka akan semakin tampak kesenjangan sosial  di tanah air,” ungkap Ilham.

Untuk itu pada acara konferensi Comsnet ini, lanjut Ilham, kita belajar dari keberhasilan negara-negara lain, termasuk India yang memiliki budaya digital sedikit lebih maju dibanding Indoesia. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.