Header Ads

Ini Alasan Peta Laut Indonesia Perlu Harus Terus Diupdate

Safari Hidrografi di Manado. Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Trismadi bertukar cenderamata dengan Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Suselo (KalderaNews/Pushidrosal)
MANADO, KalderaNews.com - Secara geografis Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari laut. Perairan Indonesia merupakan perairan yang sangat strategis, karena sebagai Sea Line of Communication (SLOC) bagi kapal-kapal yang berlayar mengingat posisi Indonesia dipersilangan dua samudera dan dua benua. 

Mengingat posisi geografis tersebut, Indonesia harus memiliki data dan informasi hidro-oseanografi yang akurat, terpercaya dan mutakhir berupa Peta Laut Indonesia dan publikasi nautika termutakhir yang dapat memberikan jaminan keselamatan bagi-kapal-kapal yang berlayar di perairan Indonesia.

"Oleh sebab itu, segenap elemen di lingkungan TNI AL  dan masyarakat pengguna untuk bersama-sama memberikan kontribusinya dalam membangun suatu pemikiran yang sama tentang pentingnya hydrographic awareness bagi pembangunan kelautan di Indonesia," tegas Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Trismadi pada kegiatan Safari Hidrografi Pushidrosal di Mako Lantamal VIII, Manado, Sulawesi Utara, Selasa, 24 Oktober 2017.

Kadisinfolahta Kolonel Laut Asep Subhan pada KalderaNews menyampaikan Safari Pushidrosal di Lantamal VIII Manado ini merupakan rangkaian kegiatan safari Hidrografi yang telah digelar di beberapa daerah, untuk bertatap muka dan dan bertukar informasi dengan para pengguna utama produk-produk Pushidrosal, khususnya mengenai Hydrographic Awareness, peta laut, peta militer, dan perkembangan batas maritim RI dengan negara-negara tetangga.

Kapushidrosal menegaskan produk peta laut indonesia memiliki kekhususan tertentu yang tidak dimiliki oleh peta-peta lainnya. Peta yang di dalamnya banyak tanda dan simbol, yang semuanya dimaksudkan untuk membantu seorang navigator dalam melayarkan kapalnya tersebut, selalu diupdate melalui survei dan pemetaan hidro-oseanografi Pushidrosal untuk menjamin keselamatan pelayaran. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.