Header Ads

Ini Cara Warga Muntilan Memaknai Keberagaman di Hari Sumpah Pemuda

Salah satu penampilan seni pelajar dari anak-anak TK di Gelar Budaya 2017 di Muntilan (KalderaNews/Ist)
MUNTILAN, KalderaNews.com - Gelar Budaya 2017 dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 dihelat Karya Misioner Muntilan, Musium Misi Muntilan, OMK Paroki Muntilan, Sekolah-sekolah di Muntilan serta Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang, Sabtu, 28 Oktober 2017.

Gelar budaya ini diawali dengan apel kebangsaan, ekspo pendidikan dan pentas seni pelajar se-Muntilan di Lapangan Pemda atau yang akrab disebut warga Kauman Muntilan. Apel Kebangsaan diawali dengan prosesi rombongan Camat Muntilan Agus Purgunanto bersama Romo A. Kristiono Purwadi SJ, Ketua Panitia, Polsek Muntilan, Seno dan Romo Aloys Budi Purnomo Pr dari teras pastoran St. Antonius Muntilan menuju lapangan diiringi drum-band SMP Kanisius Muntilan. 

Apel Kebangsaan ditandai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengucapkan Sumpah Pemuda, mendengarkan amanat dari Camat dan menyanyikan beberapa lagu kebangsaan. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang muda dan dewasa mengikuti apel kebabgsaan dengan khidmat dan penuh semangat. Sesudah apel kebangsaan, camat Muntilan membuka Gelar Budaya 2017 dengan memukul gong. 


Camat Muntilan Agus Purgunanto bersama Romo A. Kristiono Purwadi SJ, Ketua Panitia, Polsek Muntilan, Seno dan Romo Aloys Budi Purnomo Pr di teras Pastoran St. Antonius Muntilan bersiap menuju lokasi Gelar Budaya 2017 (KalderaNews/Ist)
Acara dilanjutkan dengan pentas seni pelajar. Pentas seni diikuti oleh tujuh belas sekolah dari TK hingga SLTA (5 TK, 5 SD, 4 SMP, dan 3 SMA). Mereka menampilkan berbagai bentuk atraksi. Ad berbagai macam tarian tradisional, karawitan, ansamble musik, band, musikalisasi puisi dan geguritan.

Romo Aloys Budi Purnomo Pr berharap melalui acara semacam ini akan tumbuh dalam diri anak-anak, remaja dan orang muda semangat kebangsaan dalam keberagaman. "Merekalah masa depan bangsa Indonesia yang harus dibekali dengan semangat positif dalam hidup bersama sebagai anak-anak bangsa," tandasnya. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.