Header Ads

Orang Tua yang Baik Berikan 3 Dukungan Ini untuk Anaknya



JAKARTA, KalderaNews.com - Menjadi orang yang berdomisili di Ibukota Jakarta tentunya tidak mudah. Mereka sangat sibuk dengan berbagai rutinitas kesehariannya, terutama pekerjaan. Belum lagi keriuhan jalanan yang harus dialami setiap saat akibat kemacetan. Apalagi pemerintah kini sibuk melakukan pembangunan di sana-sini, kemacetan pun kian mustahil terhindarkan.
Problematika ini menjadi lebih sulit ketika orang tersebut berkeluarga dan memiliki anak. Mau tidak mau, mereka harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Menjadi orang tua yang baik pun menjadi tantangan tersendiri agar tidak ada yang terkorbankan.

Dosen Psikologi Ukrida, Dr. Evans Garey , M.Si., dalam sebuah seminar di Jakarta Utara beberapa waktu lalu mengemukakan tiga cara menjadi orang tua yang baik di tengah kesibukan Jakarta. “Anda tidak harus terlihat menyenangkan di hadapan anak untuk menjadi orang tua yang baik. Anda hanya perlu menjadi orang tua yang baik,” jelas Evans.
Selanjutnya, Evans mengungkapkan bahwa orang tua yang baik adalah orang tua yang memberikan dukungan optimal pada anak. Tiga macam dukungan tersebut adalah:

1.  Dukungan Emosional

Dukungan emosional yang dimaksud adalah membangun berbagai sikap positif dalam diri anak. Salah satunya adalah mengajarkan anak untuk membuat keputusan sendiri. Sikap ini tentu akan memunculkan rasa tanggung jawab dari setiap tindakan anak.

2.  Dukungan Verbal

Menurut Michael J. Brandley, anak adalah sebuah versi dari orang tua. Oleh karena itu, apa yang dikatakan orang tua, itulah yang terekam dan nantinya anak katakan juga pada orang-orang di hidupnya. Bijaksana dalam berkata-kata tentu akan membuat anak lebih respek terhadap orang tua. Dan janganlah malu untuk memberikan pujian dan kata sayang pada anak!

3.  Dukungan Sosial

Menurut survey, anak Indonesia bahagia ketika bermain. Sisanya, mereka bahagia ketika bersama keluarga dan teman. Kehadiran orang tua saat anak bermain lebih dari sepuluh jam seminggu dapat menumbuhkan kreatifitas dan pengendalian diri yang lebih baik pada anak. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.