Header Ads

5 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Perlu Lo Hindari


JAKARTA, KalderaNews.com - Nikmatilan masa lajang lo, sebelum hilang masa-masa dimana kebebasan lo akan sangat dibatasi oleh pasangan hidup lo. Begitulah anak-anak muda banyak disarankan untuk menikmati kebebasannya. Namun, saking bebasnya, banyak lho anak muda yang kebablasan, termasuk soal pengelolaan keuangan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari anak-anak muda supaya masalah keuangan tak menjadi mimpi buruk. Penasaran? Berikut ini 5 kebiasaan buruk yang bisa jadi masih dirimu alam:

1. Masih bergantung pada ortu
Ayo ngaku yang hingga kini masih sering minta kiriman duwit orang tua meski sudah bekerja. Nah lo. Sebagai anak muda yang kudumandiri, mulailah memenuhi kebutuhan diri sendiri, apalagi kalau sudah bekerja. Pendapatan seberapa pun, usahakanlah dicukup-cukupkan. Terlalu bergantung pada orang tua itu "memalukan"!

2.Dikit-dikit ingin dibeli
Banyak lho anak muda yang terlalu sering mengeluarkan uang untuk keperluan jangka pendek. Yang begini, modelnya tuh, tangannya bisa dikata "gatalan" untuk mengeluarkan uang dari dompet atau dari tabungan. Mereka yang lapar mata biasanya juga boros.

3. Malas catat pengeluaran
Gara-gara malas mencatat pengeluaran, pernah nggak lo ngalami, kaget gara-gara uang di dompet atau tabungan udah habis, padahal baru tengah bulan. Hayo ngutang ke siapa lagi. Makanya, mencatat pengeluaran itu  penting, biar keuangan juga kagak minus.

4. Dikit-dikit gesek kartu kredit
Mentang-mentang punya kartu kredit, tak sedikit dari lo kan yang apa-apa dibeli? Coba lo bandingan saat lo belum punya kartu kredit, sudah pasti 
lo kagak seboros saat ini.

5. Belum kepikiran investasi
Banyak dari lo pasti banyak yang mengganggap investasi itu sesuatu yang rumit dan mahal, padahal itu semua salah. Investasi itu mudah dan terjangkau. Investasi seperti reksadana pasar uang yang notabena paling aman itu sekarang gampang dengan smartphone di genggaman. Itung-itung tombo ati karena bunga tabungan dan deposito itu tergolong sangat kecil, tak ada salahnya  mulai memikirkan investasi. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.