Header Ads

Ada 20 Planet di Luar Bumi yang Memiliki Kehidupan

Exoplanet
JAKARTA, KalderaNews.com -  Majalah Science New Scientist melaporkan analisis data dari teleskop ruang angkasa Kepler yang menemukan sedikitnya 20 dunia luar bumi yang dimungkinkan memiliki kehidupan.

Pemimpin Tim Kepler Jeff Coughlin menyatakan planet yang ditemukan di luar tata surya atau exoplanet dengan waktu orbit 395 hari adalah salah satu dunia kehidupan yang paling menjanjikan dalam daftar tersebut.

Exoplanet, yang dijuluki KOI-7923.01 itu, berukuran sekitar 97 persen dari Bumi, namun lebih dingin seperti daerah tundra. Temperaturnya yang dingin adalah karena jarak dari bintangnya dan fakta bahwa bintangnya sedikit lebih dingin daripada Matahari. Para ilmuwan mengatakan masih hangat dan cukup besar untuk menahan air jernih yang sangat penting untuk kehidupan.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan pada Juni lalu bahwa Kepler menemukan 219 calon planet baru di luar Tata Surya, 10 di antaranya berukuran seperti bumi dan mengorbit di zona layak huni. Sejauh ini, Kepler telah mendeteksi lebih dari 4.000 kandidat exoplanet.

"Jika Anda harus memilih untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke sana, itu bukan pilihan yang buruk," kata Jeff Coughlin. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.