Header Ads

Dua Isu Besar Migrasi Global Ini Dibahas Kemlu dan IOM

Pertemuan konsultasi Kemlu dan IOM di Jakarta, Selasa, 14 November 2017 (KalderaNews/Kemlu RI)
JAKARTA, KalderaNews.com - Dua isu besar dalam konteks migrasi global dibahas dalam pertemuan konsultasi Direktorat Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang (OINB) Kemlu bersama International Organization for Migration (IOM), pada Selasa, 14 November 2017. 

Kwdua isu besar tersebut yaitu isu kontribusi pekerja migran dalam pembangunan berkelanjutan, dengan menyoroti tata kelola migrasi yang membutuhkan pendekatan yang holistik, sinergis dan koherensi kebijakan, serta penciptaan jalur migrasi yang teratur dan aman dan isu kejahatan dalam migrasi seperti perdagangan orang dan penyelundupan manusia, faktor pendorong migrasi, dan upaya penguatan perlindungan bagi pekerja migran.

Para peserta mendesak perlunya upaya bersama dalam memperkuat perlindungan bagi pekerja migran Indonesia. Disoroti pula perlunya integrasi pekerja migran di negara penerima, guna menjamin terpenuhinya hak-hak mereka. Unsur utama integrasi yang dinilai penting antara lain adalah akses ke sejumlah layanan publik (seperti kesehatan dan perbankan), akses ke perlindungan hukum dan konsuler, serta hak untuk berkomunikasi dan bergerak.

Selain itu, para peserta juga menekankan perlunya upaya bersama mengidentifikasi peluang untuk mempermudah akses bekerja atau tinggal di luar negeri bagi WNI, sekaligus memastikan arus migrasi masuk ke Indonesia sejalan dengan kepentingan nasional.

Direktur Sosial Budaya dan OINB Kamapradipta Isnomo menegaskan hasil konsultasi akan menjadi bahan tambahan dalam proses negosiasi penyusunan GCM yang akan dilaksanakan pada awal 2018 mendatang di New York, Amerika Serikat. “Perlindungan pekerja migran Indonesia adalah prioritas nasional, dan harus direfleksikan dalam berbagai wahana diplomasi," tegasnya. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini