Header Ads

Geliat Bioteknologi Bakal Bentuk Trend Abad Ke-22 di Indonesia

Fasilitas laboratorium yang dimililiki oleh Program Studi Teknobiologi Unika Atma Jaya Jakarta (KalderaNews/Humas Atma Jaya)
BSD, KalderaNews.com - Ikatan Program Studi Bioteknologi Indonesia (IPSBI) diresmikan di Kampus 3 BSD Unika Atma Jaya Jakarta. Peresmian IPSBI ini diinisasi oleh Fakultas Teknobiologi (FTb) Unika Atma Jaya (UAJ) Jakarta yang pertemuan awal dilakukan pada tahun 2016 di UAJ Jakarta yang dihadiri oleh sembilan kaprodi FTb yang ada di Indonesia.

"Pada mulanya kami merasa perlu adanya sebuah wadah dan standar sebagai sebuah prodi, karena kami merupakan Program Studi Bioteknologi yang pertama. Kemudian, Universitas Surabaya (UBAYA) juga merasakan hal yang sama. Bioteknologi Unika Atma Jaya berinisiatif untuk mengumpulkan prodi-prodi Bioteknologi lainnya. Selain bisa menjalin kerja sama dengan univ-univ lain, saya berharap dapat terbentuk sebuah kurikulum baru," ujar Diana Dekan Fakultas Teknobiologi sekaligus pendiri Ikatan Program Studi Biotekeknologi Indonesia.

Sementara itu Prof.Dr.Ir.Antonius Suwanto, M.Sc selaku pengawas Ikatan Program Studi Bioteknologi Indonesia menegaskan ikatan ini sangat penting karena dengan adanya jejaring maka kami dapat merumuskan sebuah kurikulum yang terstandar, namun setiap universitas tetap hadir dengan warna-warnanya sendiri. Dengan adanya bioteknologi ini maka program studi bioteknologi semakin dikenal oleh pihak calon-calon mahasiswa dan pihak-pihak Industri.

Bioteknologi merupakan adalah cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup, mulai dari mikroorganisma sampai hewan bertulang belakang (vertebrata) dalam skala besar (industri) guna menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia.  Bioteknologi memadukan ilmu dasar dan aplikasi teknologi, seperti Mikrobiologi, Genetika, Biologi Molekular, bahkan juga lintas bidang seperti Biokimia, Kimia Organik, Kimia Analisa, Biofisika, Teknologi Nano (Nanotechnology) bahkan hingga Matematika dan Komputer selain juga aspek Teknologi Industri dan Ekonomi. Agaknya bukan berlebihan bila Bioteknologi dikatakan sebagai cabang ilmu Biologi yang akan memberikan pengaruh kuat (membentuk trend) di abad ke-22 ini, sebagaimana halnya Biologi Molekular di abad ke-20.

Setelah peresmian Ikatan Program Studi Bioteknologi Indonesia, acara dilanjutkan dengan tour lab ke fasilitas laboratorium yang dimililiki oleh Program Studi Teknobiologi Unika Atma Jaya Jakarta. Laboratorium yang dikunjungi adalah Laboratorium Pengajaran Fakultas Teknobiologi, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Biokimia dan Laboratorium Teknologi Enzim. Selain lab, ada ruangan instrument and dark room yang biasa bertujuan untuk penempatan alat-alat dan pewarnaan DNA (Deoxyribonucleic Acid). (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.