Header Ads

Perbedaan Generasi Baby Boomers, Gen-X, Gen-Y (Milenial), Gen-Z dan Generasi Alpha


JAKARTA, KalderaNews.com - William Strauss dan Neil Howe dalam bukunya Generations: The History of America’s Future, 1584 to 2069 menyimpulkan kini ada lima (5) generasi dengan karakter istimewanya. Kelimanya yaitu Generasi Baby Boomers, X, Y (millenial), Z dan Alpha.

Yang banyak dibicarakan saat ini tentu saja generasi millenial. Tapi, tahukah kamu sebenarnya masuk kategori generasi mana dan apa saja karakternya? Berikut ini penjelasan masing-5masing generasi yang dimaksud:

1. Generasi Baby Boomers (1946-1964)



Lahir setelah masa Perang Dunia II Baby Boomers cenderung hidup mandiri dan berdikari. Prinsip hidup mereka yaitu mandiri dan tidak bergantung pada orang tua. Mereka ingin anak-anak mereka hidup senang alias tidak seperti mereka di masa perang. Orientasi keuangannya yaitu untuk beli tanah, rumah, kendaraan dan sisanya ditabung sebagai warisan untuk anaknya nanti.

2. Generasi X (1965-1976)




Keturunan dari generasi Baby Boomers ini mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Karakter mereka ini cenderung mewarisi cara berpikir orang tuanya, bedanya mereka tidak melulu berakhir pada tabungan, tetapi pada investasi. Ada kecenderungan mereka ini mau menyaingi kesuksesan orang taunya. Karena sadar pentingnya pensiun mereka ini mengelola uangnya untuk modal usaha, biaya anak, membeli kendaraan dan membeli properti.

3. Generasi Y atau Millenial (1977-1995)




Mereka ini lahir di saat kemajuan teknologi sedang berkembang pesat  karenanya mereka cenderung bergantung kepada internet untuk mencari informasi dan lain sebagainya. Karena pendidikan mereka lebih baik dari generasi sebelumnya, mereka ini memiliki filter yang baik menghadapi globalisasi. Karakter Gen-Y ini cenderung ambisius dalam bekerja. Kendati dituding "kecanduan gadget" mereka ini sejatinya kreatif juga dengan gadget-gadget yang dimiliki. Makanya, selain bekerja di kantor, banyak dari millenial ini sukses dalam bisnisnya yang berbasis atau memanfaatkan teknologi.

4. Generasi Z (1996-2010)



Gen-Z ini mengenal teknologi sejak lahir. Makanya mereka ini lebih gemar bermain gadget dan ada kecenderungan tidak bisa lepas dari gadget sehingga banyak dari merek aini yang tidak kenal permainan tradisional. Meski karakter dasar mereka ini cenderung menyukai sesuatu yang instan, tetapi sejatinya mereka kreatif sehingga gemar melakukan bisnis online. Dari kalangan inilah para selebgram, youtubers, travel writer, beauty blogger, pemilik online shop, pemilik coffee shop hingga pemilik barber shop mucul.

5. Generasi Alpha (2011-Sekarang)



Generasi dengan umur paling tua 7 tahun ini belum bisa diprediksi karakter mereka dalam mengelola uang dan kreativitas-kreativitasnya. Satu hal yang pasti mereka ini lahir dimana teknologi sudah menjadi kebutuhan. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.