Header Ads

Pushidrosal Dukung Penuh Kodiklatal Hasilkan SDM Hidrografi Andal

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro secara simbolis menyerahkan peralatan survei kepada Dankodiklatal Laksamana Muda TNI I.G. Putu Wijamahadi (KalderaNews/Pushidrosal)
JAKARTA, KalderaNews.com - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mendukung penuh Pusat Pendidikan Hidro-oseanografi Komando Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) untuk menghasilkan SDM bidang hidrografi yang andal.

Bentuk konkret dukungan tersebut adalah hibah beberapa alat survei hidro-oseanografi berupa alat ukur optik jenis Theodolite T2 berjumlah 5 buah dan Theodolite T0 berjumlah 2 buah. 

Diketahui, Theodolite adalah salah satu alat yang biasa dipergunakan dalam kegiatan survei hidro-oseanografi. Alat ini berfungsi sebagai alat ukur kontrol horizontal geodetik dan alat ukur tanah untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut mendatar ataupun sudut tegak, yang dalam aplikasi oseanografi digunakan untuk pengamatan pasang surut.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro menegaskan siswa di Pusdikhidros tidak boleh hanya mengandalkan peralatan survei yang canggih saja, tetapi juga harus tetap belajar menggunakan peralatan survei konvensional.

"Para surveyor tetap harus mampu mendapatkan data dengan peralatan konvensional yang tidak kalah akurasinya." Ia berharap alat-alat tersebut dapat membantu proses belajar mengajar di Pusdikhidros, yang pada akhirnya dapat menghasilkan para surveyor hidrografi yang handal dan profesional. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.