Header Ads

SMPN 19 Surakarta Luncurkan Antologi Cerpen dan Puisi

Kepala SMP Negeri 19 Surakarta Triad Suparman, M.Pd bersama tiga siswanya menunjukkan tiga jilid buku antologi cerpen dan puisi berjudul Jiwa Ragaku untuk Negeriku di halaman SMP Negeri 19 Surakarta, Senin, 13 November 2017 (KalderaNews/AS)
SOLO, KalderaNews.com - Presiden Joko Widodo melalui Nawacita yang ke delapan bercita-cita merevolusi karakter bangsa melalui penataan kurikulum pendidikan nasional. Permendikbud No 22 Tahun 2016 menekankan bahwa dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, salah satunya prinsipnya mengembangkan budaya membaca dan menulis atau literasi.

Pada kurikulum 2013 yang direvisi dengan kurikulum 2017, literasi juga semakin ditekankan yang diintegrasikan dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kemampuan Abad 21, dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). 

Menyadari pentingnya budaya literasi sebagai salah satu cara merevolusi karakter bangsa, SMP Negeri 19 Surakarta menggalakkan budaya literasi dengan membuat cerpen dan puisi. 


Tiga jilid buku antologi cerpen dan puisi berjudul Jiwa Ragaku untuk Negeriku para siswa SMP Negeri 19 Surakarta (KalderaNews/AS)
Tak sekedar membuat, mereka juga menerbitkan kumpulan cerpen dan puisi ini dalam tiga jilid yang semuanya berjudul Jiwa Ragaku untuk Negeriku. Buku-buku tersebut diluncurkan pada Senin, 13 November 2017.

Jilid pertama merupakan kumpulan puisi para siswa kelas tujuh, jilid kedua merupakan kumpulan puisi para siswa kelas delapan dan jilid ketiga merupakan kumpulan cerpen para siswa kelas sembilan. (AS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.