Header Ads

Wonderful Indonesia Curi Perhatian Ibu Negara Ekuador



Duta Besar RI Quito Diennaryati Tjokrosuprihatono menjelaskan keistimewaan baju adat pada Ibu Negara Ekuador Madame Rocio Gonzalez de Moreno di Festival Artesanias de Americana ke-15 di Cuenca, Ekuador (KalderaNews/KBRI Quito)

QUITO, KalderaNews.com - Ibu Negara Ekuador Madame Rocio Gonzalez de Moreno antusias melihat pameran Wonderful Indonesia di Festival Artesanias de Americana ke-15 di Cuenca, Ekuador yang berlangsung pada tanggal 1 November – 1 Desember. Selain melihat pameran, Ibu Negara juga mencoba untuk membuat batik tulis yang dibantu Sri Pujiati, pembatik asal Pemalang.

Festival Artesanias de Americana ke 15 yang diselenggarakan oleh CIDAP (Centro Interamericano de Artesanias y Artes Populares) resmi dibuka tanggal 1 November 2017, yang bertempat di Museum CIDAP, Cuenca, Ekuador. Pada festival yang ke 15, Indonesia diberi kehormatan sebagai guest country dalam festival pameran budaya dan kerajinan tangan terbesar di kawasan Amerika tersebut.


Duta Besar RI Quito Diennaryati Tjokrosuprihatono memotong tumpeng di Festival Artesanias de Americana ke-15 di Cuenca, Ekuador (KalderaNews/KBRI Quito)

Pada pembukaan festival tersebut hadir Menteri Industri dan Menteri Kebudayaan dan Warisan Budaya Ekuador, perwakilan dari parlemen, Walikota Cuenca dan Direktur Eksekutif CIDAP serta Duta Besar RI Quito.

Setelah memberikan sambutan, Duta Besar RI Quito Diennaryati Tjokrosuprihatono malanjutkan acara pembukaan festival tersebut dengan upacara kekhasan Indonesia yaitu pemotongan tumpeng, yang diawali dengan penjelasan mengenai filosofi tumpeng.



Penampilan  tari Legong Bapang Saba di Festival Artesanias de Americana ke-15 di Cuenca, Ekuador (KalderaNews/KBRI Quito)

Pameran bertemakan “Wonderful Indonesia, explore the beauty of Indonesia” kali ini menyuguhkan beragam benda seni dan budaya yang ada di Indonesia mulai dari batik, songket, alat musik tradisional, wayang, topeng, ukir-ukiran Bali, bordiran, pakaian daerah hingga perhiasan khas Indoenesia. (NS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.