Header Ads

OTS 2018-2019 Resmi Dibuka, Ada 81 Tawaran Beasiswa


JAKARTA, KalderaNews.com - Pendaftaran Orange Tulip Scholarship (OTS) telah dibuka untuk tahun akademik 2018-2019. Nuffic Neso Indonesia yang memprakarsai sekaligus mengelola program OTS mengundang calon mahasiswa Indonesia untuk mengisi 81 tawaran beasiswa dari 26 institusi pendidikan tinggi Belanda dengan total nilai beasiswa mencapai lebih dari € 850,000

Skema Lebih Beragam

OTS merupakan salah satu program beasiswa yang ditawarkan oleh Institusi pendidikan tinggi Belanda, bertujuan untuk meningkatkan kesempatan studi di Belanda khusus bagi warga negara Indonesia. Institusi yang menawarkan OTS dan jumlah nilai beasiswa yang dirangkum dalam skema OTS kian beragam setiap tahunnya.

Dalam skema OTS kali ini, total institusi maupun nilai beasiswa mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Beasiswa untuk 81 mahasiswa dari 26 institusi pendidikan tinggi Belanda dengan total nilai beasiswa mencapai lebih dari € 850,000, menunjukan penerima beasiswa OTS di periode sebelumnya menarik perhatian sehingga institusi Pendidikan tinggi Belanda memberikan lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa berpotensi asal Indonesia.

Program studi yang ditawarkan diantaranya program persiapan akademik (foundation year), gelar Sarjana (S1) maupun Pasca-Sarjana (S2) di universitas riset maupun ilmu terapan. Bidang studi yang ditawarkan pun beragam mulai dari bidang Seni, Ilmu Sosial, Sains dan lainnya. yang seluruhnya menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar.

Struktur pendanaan dalam skema setiap periode juga beragam. Sebagian besar berupa potongan biaya kuliah sebesar 35 – 100%. Beasiswa OTS tidak menanggung biaya hidup, namun penerima beasiswa OTS berkesempatan untuk menggabungkan beasiswa ini dengan beasiswa lainnya ataupun menanggung biaya hidup secara pribadi.

Asah Kemampuan

Peter van Tuijl, Direktur Nuffic Neso Indonesia mengatakan, “Saat persaingan untuk membangun karir semakin ketat maka Belanda menawarkan universitas dengan kuailtas yang tinggi dan sistem pendidikan yang memungkinkan para pelajarnya mengembangkan diri untuk bersaing di kancah dunia. Studi di lingkungan internasional akan mengkondisikan Anda untuk mampu memahami suatu hal dari berbagai perspektif yang berbeda sehingga menantang Anda untuk mengasah kemampuan berpikir kritis”

Sistem pengajaran di Belanda sangat interaktif dan berpusat pada siswa. Selain dapat mengembangkan pendapat juga membuka pikiran dan meningkatkan orientasi internasional. Sehingga keterampilan yang sangat berharga seperti menganalisis, memecahkan masalah praktikal dan berpikir kreatif dapat berkembang.

Langkah Pendaftaran

Sebelum memutuskan untuk mendaftar OTS, calon mahasiswa diharuskan terlebih dahulu mendaftarkan program studi yang diinginkan ke salah satu institusi yang terdaftar dalam skema OTS 2018-2019. Selanjutnya, pendaftaran OTS dapat dilakukan dengan mengirimkan dokumen yang sesuai ketentuan skema OTS melalui email ots@nesoindonesia.or.id

Persyaratan umum yang diperlukan untuk OTS diantaranya mengisi formulir OTS yang dapat diunduh di situs resmi Nuffic Neso Indonesia, dan bukti pendaftaran program studi atau surat penerimaan (letter of acceptance) dari salah satu institusi dalam skema OTS. Batas waktu pendaftaran tergantung skema dan universitas tujuan, namun umumnya 1 April 2018.

Informasi lebih lanjut tentang daftar institusi perguruan tinggi Belanda dalam skema OTS, program studi yang ditawarkan, prosedur pendaftaran dan tenggat waktu klik Neso Indonesia. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.