Header Ads

“Wonderful Indonesia Festival” di Ekuador Berbuah Tour 4 Group Wisata 2018

Tarian Pendet di Wonderful Indonesia Festival Ekuador (KalderaNews/KBRI Quito)
QUITO, KalderaNews.com - KBRI Quito yang didukung oleh Kementerian Pariwisata RI pada 12 Desember 2017 lalu telah melakukan kegiatan Wonderful Indonesia Festival di Hotel Hilton Colon Quito, Ekuador. Kegiatan ini merupakan serangkaian promosi pariwisata Indonesia yang didahului dengan business meeting pada pukul 17.00 sampai dengan 18.30 waktu setempat yang dihadiri oleh 30 tour operator dan travel agent.

Business meeting tersebut mempertemukan perwakilan dari Kementerian Pariwisata Indonesia dengan tour operator dan travel agent yang ada di Ekuador untuk lebih mengenalkan pariwisata Indonesia agar dapat menarik minat para tour operator dan travel agent menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata.

Acara dilanjutkan dengan malam kesenian Wonderful Indonesia Night yang menampilkan tari-tarian, musik dan juga hidangan khas Indonesia yang memanjakan lidah para tamu undangan yang hadir.


Duta Besar RI Quito, Diennaryati Tjokrosuprihatono bersama Paul Edmundus Tallo dan Dadang Djatnika dari Kementerian Pariwisata Indonesia serta Ximena Rodas di Wonderful Indonesia Festival Ekuador (KalderaNews/KBRI Quito)
Malam kesenian ini  dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintahan, kalangan Diplomatik, pebisnis dan kalangan high end dari masyarakat Quito dan juga tour operator dan travel agent yang mengikuti business meeting. Tamu undangan berjumlah 160 orang alias melebihi target 100 orang yang rata-rata merupakan calon-calon wisatawan potensial dari Ekuador.

Acara ini juga didukung oleh Ximena Rodas, adik dari Walikota Quito, yang karena kecintaannya terhadap Indonesia sangat membantu kesuksesan acara ini. Ximena Rodas juga memiliki networking yang sangat luas dikalangan atas Ekuador yang sering melakukan perjalanan wisata ke luar negeri termasuk Asia.

Malam kesenian Woderful Indonesia Night diawali dengan prosesi masuknya Duta Besar RI Quito, Diennaryati Tjokrosuprihatono bersama Paul Edmundus Tallo dan Dadang Djatnika dari Kementerian Pariwisata Indonesia serta Ximena Rodas, ke dalam ruangan yang diiringi oleh tari Pendet menuju panggung.

Ximena menyampaikan kecintaannya terhadap Indonesia dalam pidatonya dan dilanjutkan dengan pidato dari Duta Besar RI Quito. Usai menyampaikan pidatonya Duta Besar RI bersama Paul, Dadang dan Ximena melakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya malam kesenian Wonderful Indonesia Night. 

Peragaan busana di Wonderful Indonesia Festival Ekuador (KalderaNews/KBRI Quito)
Para tamu undangan disuguhkan tari-tarian Indonesia yang dibawakan oleh 1 orang penari dari Artina Production yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan juga 1 orang penari KBRI Quito. Kedua penari tampil membawakan tari Lenggang Kipas, Legong Bapang Saba dan Tari Enggang dengan apik dan lincah, sehingga membius mata para tamu undangan.

Selain itu pertunjukan juga dimeriahkan dengan penampilan dari musis Indonesia yaitu Yuyun George yang membawakan beberapa lagu daerah. Yuyun George sangat mampu mencairkan suasana dengan lagu-lagu yang dibawakannya terlebih lagi Yuyun membawakan salah satu lagu Spanyol yang cukup popular di Ekuador sehingga tamu undangan larut dengan alunan lagu yang dibawakan. 

Selain penampilan tari dan musik, Kementerian Pariwisata juga memberikan dukungan kepada salah seorang desainer ternama Indonesia yaitu Novita Yunus yang merupakan owner dari Batik Chic, untuk dapat memperlihatkan hasil karyanya di depan para tamu undangan. Novita Yunus menyuguhkan rancangan busananya dengan Tema Batik Jambi, Batik Jawa dan Flamboyan. Para tamu yang hadir sangat mengapresiasi hasil karya Novita Yunus, terlihat dari minat para tamu yang ingin memiliki beberapa hasil karya rancangan dari Novita Yunus. 

Suguhan makanan khas Indonesia tidak kalah memeriahkan acara tersebut, lidah para tamu dimanjakan dengan berbagai macam makanan Indonesia yang diawali dengan Bakso, Gado-gado, Nasi Tumpeng mini yang didalamnya terdapat rendang, udang goreng, mie goreng, perkedel, kering kentang dan balado telur. Chef KBRI Quito Aloysius Marino dan dibantu oleh Sonia Fortunata yang bekerjasama menyuguhkan Es pisang hijau dan spesial cake dari Hotel Hilton Colon sebagai makanan penutup.


Para tamu undangan di Wonderful Indonesia Festival Ekuador (KalderaNews/KBRI Quito)
Puncak dari acara kesenian “Wonderful Indonesia Festival” yaitu menarikan tari Poco-poco bersama dan hampir semua tamu undangan turut mengikuti gerakan tari tersebut dan sangat menikmati kehangatan dan keakraban ketika menarikan poco-poco bersama. 

Serangkai dari acara promosi pariwisata Indonesia yang diawali dengan pertemuan business meeting dan dilanjutkan dengan malam kesenian dapat dikatakan cukup sukses dan dapat menarik minat para tamu undangan untuk berkunjung dan mengalihkan tujuan wisata mereka ke Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan adanya percakapan antara Duta Besar RI dan tour operator dan travel agent bahwa 4 group wisatawan high end Ekuador akan melakukan tour ke Indonesia yaitu pada bulan Februari, Agustus, Oktober dan November.

Rangkaian kegiatan promosi Wonderful Indonesia berlanjut dengan acara Afternoon tea di Wisma Duta Indonesia pada 14 Desember 2017 yang dihadiri oleh persatuan ibu-ibu Diplomat asing di Ekuador dan sejumlah pengusaha wanita Quito. Acara afternoon tea juga menampilkan tari, musik dan peragaan busana yang sangat diapresiasi oleh para tamu undangan.  (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.