Header Ads

Awas, Asteroid Tengkorak Manusia Mendekati Bumi Lagi

Asteroid Tengkorak Manusia tertangkap teleskop NASA di Observatorium Arecibo, Puerto Rico (Foto: Dok Mirror)
PUERTO RICO, KalderaNews.com - Asteroid yang menyerupai kerangka tengkorak kepala manusia dikabarkan akan kembali ke orbit Bumi pada 2018 mendatang. Pengamatan astronom Arecibo (National Astronomy and Ionosphere Center), Puerto Rico menyebutkan asteroid dengan kode nama "TB145" ini akan kembali ke Bumi pada 31 Oktober 2018, tepat pada Hari Halloween.

Tak pelak, asteroid ini pun disebut dengan Asteroid Halloween. Pasalnya astroid ini juga pernah mendekati bumi pada Oktober 2015 silam. NASA sendiri membenarkan bahwa asteroid hantu tersebut mendekati Bumi pada Hari Halloween yang dirayakan pada 31 Oktober 2015 silam.

Pada saat itu, Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut mampu mengabadikan penampakan asteroid yang sempat berada di jarak 310 ribu mil dari Bumi. Diungkap, benda luar angkasa itu telah melewati Bumi dalam kecepatan 78 ribu mil per jam.

"Berdasarkan data dari NASA Infrared Telescope Facility (IRTF), diungkap bahwa objek tersebut kemungkinan merupakan komet mati. Sedangkan dari gambar yang ditangkap teleskop kami di observatorium Arecibo, objek tersebut memiliki bentuk seperti tengkorak kepala manusia," tegas ilmuwan NASA Kelly Fast.

Para ilmuwan pun kini sibuk mengamati asteroid ini dan para perekayasa terus mengembangkan teknik pelacakan dan pengukuran yang lebih baik agar asteroid tidak menabrak Bumi.

"Meski kami tidak bisa mendeteksi kedatangannya, kami setidaknya mampu mengumpulkan data baru yang bisa membantu kami untuk mempelajari ukuran massa dari asteroid tersebut," ujar astronom Pablo Santos-Sanz dari Institute of Astrophysics of Andalusia. (FA).



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.