Header Ads

Beasiswa LPDP 2018 Sudah di Depan Mata, Kamu Pasti Bisa Mendapatkannya


JAKARTA, KalderaNews.com - Akhir-akhir ini pemerintah menyampaikan prioritas beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada bidang sains dan teknologi. Nah, kalau kamu berminat di dua bidang ini, tak ada salahnya memburu beasiswa LPDP pada 2018/2019 mendatang.

Beasiswa LPDP yang berlaku untuk jenjang pendidikan S2 ke atas di dalam dan luar negeri ini meliputi beasiswa magister dan doktor, beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa afirmasi, beasiswa spesialis kedokteran, dan Presidential Scholarship. Bukan rahasia lagi, beasiswa ini banyak diminati.

Beasiswa ini mempunyai beberapa bidang fokus seperti teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, serta sosial-budaya. Namun, mulai 2018 akan lebih difokuskan pada sains dan teknologi. Ini kesempatan emas bagi kamu yang menyukai sains dan teknologi. Apalagi, terapannya terkait bidang pertanian dan perikanan, pasti akan sangat menarik.

Beasiswa LPDP ini memang tergolong beaiswa yang banyak diburu karena pada prakteknya menanggung seluruh biaya pendidikan dan biaya hidup mahasiswa 100 persen. Ini mencakup biaya pendaftaran universitas, biaya non-SPP yang bisa digunakan untuk membeli buku dan mengikuti seminar, biaya transportasi ke universitas tujuan, asuransi kesehatan, uang hidup bulanan, hingga tunjangan keluarga

So, kalau tertarik, kamu boleh mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang beasiswa LPDP. Lebih dari itu, pantau terus jadwal pendaftarannya. Biasanya pendaftaran beasiswa LPDP ini dibuka dalam 4 periode yaitu:
    Periode  I   :  Januari
    Periode  II  : April
    Periode  III : Juli
    Periode  IV  : Oktober

Pendaftaran beasiswa ini dilakukan secara online melalui https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/. Nah, bagi kamu sudah memiliki akun silahkan login, sedangkan bagi yang belum memiliki akun, alangkah baiknya mulai sekarang membuat akun.

Sebagai gambaran, nantinya kalau waktu pendaftaran sudah resmi dibuka, kamu tinggal mengunggah semua dokumen pendukung dan mengisi formulir sesuai format yang diberikan.

Perlu diperhatikan, seluruh dokumen pendukung harus dokumen asli (bukan foto kopian) dan cetak formulir harus dibawa pada tahap seleksi wawancara. Dokumen pendukung yang diminta biasanya: 


Formulir Pendaftaran Online.
Ijazah dan Transkrip Asli.
Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL dan yang setara.
Sertifikat Prestasi.
Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Hukum.
Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Kode Etik Akademik.
Surat Pernyataan mengabdi Kepada Kepentingan Bangsa Indonesia.
Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari Sumber lain.
Surat Ijin Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
Essay


Setelah kamu melakukan pendaftaran dan mengupload sejumlah dokumen pendukung, kamu tinggal menunggu penetapan kelulusan administrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan. Apabila kamu lulus administrasi maka dilanjutkan dengan tes wawancara. Proses selanjutnya, kamu tinggal menunggu pengumuman kelulusan. Kamu bisa mendapatkannya pada 2018. Semangat! (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.