Header Ads

Jangan Lewatkan Beasiswa Utusan Daerah (BUD) 2018 dari IPB Ini

 
Asrama Putri TPB IPB

BOGOR, KalderaNews.com - Bagi para pemburu beasiswa 2018, tak ada salahnya mempertimbangkan tawaran beasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diberinama Beasiswa Utusan Daerah (BUD) ini.

BUD adalah skema beasiswa S1 dan S2 di IPB dengan rekomendasi dan biaya dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta. Biasanya, mereka yang kuliah dengan skema ini kembali ke daerah untuk membangun daerahnya setelah lulus.

Karena ini sifatnya rekomendasi maka cara pendaftarannya pun dilakukan secara kelembagaan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah atau Perusahaan Swasta dengan terlebih dahulu membayar uang pendaftaran, melengkapi berkas formulir pendaftaran dan menyerahkan berkas lengkapnya yang biasanya diterima paling lambat tiap bulan Mei.

Adapun kelengkapan administrasi dari siswa pelamar yaitu:
    - Kemampuan Diri Pelamar
    - Keadaan SMA/MA/SMK
    - Sosial Ekonomi Keluarga
    - Anda dan IPB
    - Biodata Pelamar
    - Surat lamaran

    - Surat kesediaan tinggal di asrama TPB IPB
    - Pilihan Mayor di Institut Pertanian Bogor
    - Fotokopi rapor mulai semester 1 s/d semester 5 SMA/MA/SMK yang dilegalisir/disahkan kepala sekolah
    - Fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir
    - Dua pasfoto pelamar (terbaru dan berwarna) berukuran 3×4 cm
    - Fotokopi bukti kewarganegaraan Indonesia yang diketahui kepala sekolah bagi pelamar WNI keturunan asing
    - Melampirkan bukti pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp 400.000,- (empat ratus ribu rupiah) per mahasiswa yang dikirimkan secara kolektif oleh penyandang dana BUD bersama dengan berkas lamaran calon mahasiswa


Sementara itu, kelengkapan administrasi dari penyandang dana BUD berupa:
    - Daftar Penilaian Pelamar
    - Surat Pernyataan Kesediaan Menyandang Beasiswa


Setelah penyandang dana mendapatkan informasi penerimaan calon mahasiswa BUD IPB dan jika calon mahasiswa telah diterima maka penyandang dana wajib melengkapi dokumen Nota Kesepahaman (khusus bagi penyandang dana yang belum pernah bekerja sama dengan IPB)  dan Surat Perjanjian Kerjasama tentang BUD (naskah dibuat rangkap dua dengan materai silang).

Berikut ini syarat umum bagi lulusan SMA, MA atau SMK berbasis IPA yang berpotensi direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta untuk mendapatkan beasiswa BUD program S1 (Sarjana):
    - Berumur tidak lebih dari 25 tahun
    - Memiliki nilai rapor SMA yang baik (minimal 7.00 (rentang 0.00 – 10.00) untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi selama 5 semester pertama)
   - Sehat jasmani dan rohani
   - Bebas narkoba
   - Bersedia tinggal di Asrama TPB-IPB pada tahun pertama


Tertarik untuk menggali dan mencoba beasiswa ini pada 2018 mendatang? Informasi selengkapnya dapat menghubungi: Sekretariat BUD Program Sarjana, Direktorat Kerjasama dan Program Internasional (Ani/Onya), Gedung Andi Hakim Nasoetion lantai 2 Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680, Telpon: 0251-8624092, 8622642 ext. 111, Faks: 0251-8629882, 8624092, Whatsapp: 081282818035 (Ribka/Sonya/Ani), Email: bud@ipb.ac.id / bud@apps.ipb.ac.id , Line ID: budipb, Facebook: BUD IPB, Twitter: @bud_ipb. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.