Header Ads

Kumpulkan Para Alumni, Unika Soegijapranata Luncurkan Aplikasi "Halo Alumni"

Rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC  memamerkan aplikasi Halo Alumni (KalderaNews/Unika Soegijapranata)
SEMARANG, KalderaNews.com - Para alumni yang telah lulus dan telah sibuk dengan pekerjaannya seringkali sulit kembali ke almamaternya. Padahal, mereka sering butuh data dari almamaternya. Apabila membutuhkan sesuatu dari almamaternya, mereka cenderung meminta info dari temannya bahkan titip info pada adiknya. 

Selain itu, banyak alumni berpikiran berhubungan kembali dengan kampus itu rumit dan mengeluarkan biaya. Karena alasan-alasan inilah, Unika Soegijapranta Semarang ingin menjadi rumah bagi alumni yang sering dikunjungi meskipun tidak bisa secara fisik.

"Rumah digital bagi alumni tidak hanya menjadi sarana berkomunikasi atau hanya sekedar terhubung dengan alumni, tentunya ada added value di situ. Untuk itu, kami telah meluncurkan aplikasi Halo Alumni. Dalam aplikasi ini, apabila alumni membutuhkan kampus, misalnya keperluan legalisir bisa melalui gadget. Dalam ijazah saat ini, yang penting bukan sekedar adanya cap basah karena itu konvensional, yang terpenting saat ini adanya verifikasi dan otentikasi. Untuk teknologi saat ini, kami memanfaatkan teknologi barcode untuk kebutuhan verifikasi,” jelas Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof. Ridwan Sanjaya.

“Aplikasi Halo Alumni juga kami isi dengan fasilitas Crowdfunding. Dengan adanya fasilitas ini alumni bisa tahu dan mungkin bisa menjadi investor bagi startup yang dikerjakan oleh almamaternya. Selain itu, kami juga berikan beberapa informasi sehingga para alumni bisa tahu kondisi terakhir di Unika,"  imbuhnya.

Dengan menggabungkan banyak orang dalam 1 aplikasi memungkinkan untuk crowdsourcing (orang dalam aplikasi dapat saling berbagi informasi) misalnya di kantor dimana alumni berada sedang membuka lowongan kerja baik itu dalam taraf entry level maupun middle level sehingga bagi mereka yang menginginkan peningkatan karir bisa menengok ke aplikasi Halo Alumni. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.