Header Ads

Minat Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia 2018? Yuk Daftar Segera di Sini


JAKARTA, KalderaNews.com - Sejak 2003 lalu Kementrian Luar Negeri Indonesia membuka beasiswa bagi kamu lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin mendapatkan pendidikan lebih lanjut tentang seni dan budaya di Indonesia atau biasa disebut dengan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI). Hingga 2017 ini kegiatan tersebut telah menghasilkan 776 alumni dari 69 negara yang menjadi friends of Indonesia dan Indonesianis.

Pada 2018 mendatang, kategori BSBI Program Reguler dan BSBI Program Kekhususan diubah atau dijadikan satu menjadi Program BSBI. Program tersebut akan diberikan kepada 72 (tujuh dua) pemuda dari berbagai negara termasuk Indonesia, dengan rincian yaitu 66 pemuda dari negara sahabat dan 6 pemuda Indonesia. Program BSBI 2018 direncanakan akan berlangsung selama 100 hari yaitu tanggal 17 Maret s/d 24 Juni 2018. 

Yang terpilih akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan ditempatkan di beberapa daerah di Indonesia seperti Bali, Sumatra Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Yogyakarta. Pemerintah RI (Kemlu) menanggung seluruh biaya bagi peserta yang mencakup biaya transportasi tiket penerbangan internasional (pp) kelas ekonomi, tiket penerbangan domestik (pp) menuju tempat studi, akomodasi penuh selama berada di Indonesia (dalam jangka waktu program), biaya pendidikan di sanggar, uang saku (3 bulan), dan asuransi kesehatan (terbatas/standar). Adapun syarat-syaratnya:

1. Belum menikah dan berusia antara 21-27 tahun.
2. Pendidikan terakhir minimal SMA/SMK/Sederajat.
3. Memiliki minat dan bakat di bidang seni/memiliki background seni
4. Memiliki kondisi fisik dan mental yang baik.

Tema BSBI 2018 yaitu “The Colours of Beautiful Indonesia", menceritakan kebhinekaan wilayah nusantara dalam hal budaya, agama dan keyakinan-keyakinan lainnya, termasuk kehidupan manusia, tata cara, pola pikir dan kebiasaan masyarakatnya yang toleran dan dikelola secara selaras hingga menjadi salah satu aset bangsa.

Calon penerima anugerah/awardee BSBI 2018 diusulkan berasal dari negara-negara anggota ASEAN dan Mitra ASEAN (ASEAN + 3, East Asia Summit, Mitra Wicara ASEAN, ASEAN – Economic Cooperation Council) serta negara SWPD, MSG, PIF dan Afrika. Mengingat bahwa pada tahun 2018 akan diselenggarakan Indonesia-Africa Forum sebagai platform peningkatan people-to-people contact dan kerjasama ekonomi, pendidikan, dan budaya, maka program BSBI 2018 juga akan diberikan kepada 3 (tiga) negara baru di kawasan Afrika yaitu Swaziland, Benin dan Ghana (selain Afrika Selatan, Maroko, Tunisia, negara penerima BSBI sebelumnya).

Kalau tertarik ingin ikut mendaftar silakan mengunduh dokumen-dokumen pendaftaran pada dengan klik tautan resmi Kemlu RI ini. (NS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.