Header Ads

Pesona Gamelan Bali Moncer Hingga ke Chicago


CHICAGO, KalderaNews.com - Pesona Bali menjangkau jauh ke wilayah Midwest Amerika Serikat dan bersinar di kota Chicago. Chicago Balinese Gamelan, yang terbentuk pada bulan Agustus 2017, memukau penonton yang hadir dalam acara tribute terhadap musisi dan komposer masyhur Amerika Serikat Lou Harrison. Tahun ini musik gamelan Bali dipilih bersanding musik orkestra barat.

Karya Lou Harrison, “a Majestic Fanfare”, dengan lantunan terompet dan perkusi ditampilkan untuk pertama kalinya di wilayah Midwest Amerika Serikat. Penonton menikmati berbagai gending berirama klasik seperti Bapang Selisir dan Gilak Pemendak.

Konsul Penerangan, Sosial dan Budaya KJRI Chicago Fajat Yusuf pada KalderaNews menyampaikan selama lebih dari satu jam, penonton yang memadati auditorium gedung pertunjukan musik terpesona seolah sedang berada di Bali.

Karya-karya Lou Harrison kali ini memang banyak mengambil inspirasi dari musik gamelan Indonesia. Konser tribute ini diselenggarakan di Gottlieb Hall, Merit School of Music, di kota Chicago.

Konsul Jenderal Rosmalawati Chalid yang didaulat untuk naik ke atas panggung menyampaikan apresiasi atas pembentukan dan konser perdana kelompok ini. “Keindahan musik gamelan Bali yang dinamis dan progresif mencerminkan kekinian Indonesia,” tandas pesan Konjen Rosmalawati.

Kelompok Chicago Balinese Gamelan sendiri beranggotakan mayoritas warga Amerika Serikat yang bermukim di sekitar kota Chicago. Karena rutin berlatih, kualitas penampilan kelompok ini sudah teruji, apalagi mereka juga telah melakukan konser perdananya tersebut pada 20 Desember 2017 lalu.

Claire Fassnacht, pencinta sekaligus musisi gamelan Bali, didukung oleh musisi senior Ketut Asnawa dan Nyoman Mahartayasa, membentuk kelompok Chicago Balinese Gamelan. Claire tekun belajar gamelan Bali di Bali dan berbagai sekolah di Amerika Serikat. Sebelum membentuk Chicago Balinese Gamelan, Claire merupakan musisi dan koordinator penari kelompok gamelan sekolah tersohor Massachusetts Institute of Technology di Boston.

KJRI Chicago merupakan mitra dari Chicago Balinese Gamelan. Di kota Chicago saat ini sudah terbentuk beberapa kelompok kesenian gamelan mulai dari gamelan Jawa hingga gamelan Bali. Kelompok-kelompok ini banyak beranggotakan warga Amerika dan rutin mengadakan pertunjukan.  (NS).

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.