Header Ads

Tips Paling Asyik Merancang Liburan pada 2018 Mendatang



JAKARTA, KalderaNews.com - Liburan itu sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan kesehatan fisik secara keseluruhan. Peneliti dalam bidang imunitas, Prof. Fulvio D’Acquisto berpendapat suatu lingkungan yang baru dan menyenangkan dapat menstimulasi sistem imun untuk bekerja lebih baik.

Karena bermanfaat dan dapat meningkatkan kinerja kita, tak ada salahnya liburan itu tidak disepelekan. Liburan itu sangat diperlukan dan karenanya perlu dirancang dengan matang. Berikut ini tips paling asyik merancang liburan pada 2018 mendatang:

1. Tentukan Tanggal Liburan
Pemerintah telah memutuskan jumlah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018. Ada 21 hari dengan rincian Hari Libur Nasional sebanyak 16 hari, sementara cuti bersama sebanyak 5 hari untuk Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah dan Hari Raya Natal. Dengan hari-hari libur yang sudah pasti, liburan pun tinggal dirancang. Adapaun hari-hari libur 2018 tersebut yaitu 1 Januari, 16 Februari, 17 Maret, 30 Maret, 14 April, 1 Mei, 10 Mei, 29 Mei, 1 Juni, 15-16 Juni. Liburan berlanjut pada 17 Agustus, 22 Agustus, 11 September, 20 November, 25 Desember. Adapun rincian cuti bersama 2018 yaitu  13,14,18, dan 19 Juni (Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah) dan 24 Desember (Hari Raya Natal).

2. Tentukan Pilihan Destinasi
Setelah menentukan tanggal liburan, langkah berikutnya menentukan destinasi liburan. Cara memilih destinasi liburan bisa disesuaikan dengan hobby yang disenangi. Dengan begitu, sembari berwisata kamu sekaligus melakukan hobby. Segala hal yang sesuai hobby pasti akan mendatangkan kesenangan tersendiri. Sebagai contoh, jika kamu hobby hiking, wisata pegunungan adalah destinasi yang tepat untukmu. Selain itu, tak ada salahnya kamu memilih tempat baru. Nah, untuk mengenal lebih jauh mengenai kebudayaan negeri maka kamu bisa menuju ke wisata seni dan budaya. Sementara itu jika ingin memanjakan diri agar lebih rileks dan santai, wisata alam menjadi salah satu solusinya.

3. Merancang Budget
Budget untuk berlibur biaanya meliputi transportasi, konsumsi, akomodasi, tiket atraksi hingga oleh-oleh. Untuk mendapatkan budget yang mendekati dengan kenyataan, carilah harga-harga terupdate melalui website atau telepon langsung travel agen. Perlu ditekankan di sini, budget yang dibuat harus dipertimbangkan mengikuti kemungkinan kenaikan harga atau inflasi.

4. Tabungan, Deposito atau Investasi?
Setelah mendapatkan kisaran budget yang mendekati kenyataan. Saatnya kamu menentukan cara mendapatkan dananya. Salah satu cara efektif untuk mendapatkan dana ini yaitu dengan cara menyisihkan pendapatan bulanan. So, sangat dianjurkan uang yang disisihkan dari gaji (pendapatan) bulanan ini tidak dianggurkan. Cara efektif mengembangkan uang liburan ini yaitu dengan instrumen investasi. Investasi adalah pilihan yang tepat karena return yang diberikan lebih besar dari bunga tabungan dan deposito. Ada bermacam-macam investasi yang bisa menjadi pilihan mulai emas, properti, reksadana, saham, bisnis dan lain-lainnya. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.