Header Ads

Wisuda Unika Soegijapranata Semarang Diwarnai Derai Air Mata

Wisudawan Periode III 2017 Unika Soegijapranata Semarang (KalderaNews/Ist)
SEMARANG, KalderaNews.com - Rektor Unika Soegijapranata Semarang, Prof Dr Frederik Ridwan Sanjaya, MSIEC kembali mewisuda 316 wisudawan pada Sabtu, 9 Desember 2017. Acara wisuda Periode III yang dihelat di Auditurium Gedung Albertus Lantai 3 Unika Seogijaptanata Semarang diawali dengan doa yang dipimpin oleh Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang, Romo Aloys Budi Purnomo Pr. 

Romo Budi berharap para wisudawan mengembangkan seluruh talenta dan bakatnya bagi bangsa dan umat manusia sesuai dengan motto universitas: Talenta pro Patria et Humanitate. Dengan demikian, mereka menjadi pribadi-pribadi yang mampu mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat dan bangsa kami yang sejahtera, bermartabat dan beriman apa pun agama dan kepercayaannya.

"Begitulah doa syukur dan permohonanku pada kesempatan Wisuda Periode III Unika Soegijapranata, 09 Desember 2017. Proficiat dan selamat kepada Unika Soegijplapranata atas akan dibuka dan dimulainya Program Studi S-3 Ilmu Lingkungan," tegasnya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil wisudawan bernama Agnes Kristi Utami dari Prodi Akuntansi. Dengan terbata-bata dan tetes air mata haru, Agnes Kristi Utami menyampaikan sambutannya. Hadirin pun merespon dengan tepuk tangan. Bahkan petugas dari Senat Mahasiswa yang duduk di samping mimbar pun memberikan tisu untuk mengusap tetes air mata harunya. Adegan ini pun membuncahkan aplaus yang spontan.

Dalam sambutannya, ia mengajak rekan-rekannya untuk memaknai kembali Universitas Katolik Soegijapranata sebagai salah satu PTS terbaik yang menjadi pilihan. Agnes mengenang saat-saat mengikuti PTMB (Pembinaan Terpadu Mahasiswa Baru) yang menggembirakan sebagai awal dinamika proses pembelajaran di Unika Soegijapranata. PTMB Unika Soegijapranata sangat unik, tidak seperti OPSPEK di universitas lain. Ia pun berharap agar para wisudawan menjadi negarawan yang paham masalah masyarakat, mengerti masalah bangsa dan berani berbuat lebih baik untuk bangsa. 

Sambutan lainnya disamapikan oleh Pratiwi Wini Artati, SS, M.Ed, alumni Unika Soegijapranata 2000-2004 yang sedang mengikuti program studi PhD di Victoria University of Wellington, New Zealand. Ia menyampaikan sambutannya melalui rekaman video dari New Zealand dalam bahasa Inggris. Tiwi mengajak para wisudawan untuk selalu membuka perspektif untuk berkembang dalam hidup, tetap mengeksplorasi diri semaksimal mungkin dan tetap connect dengan almamater.

Sementara itu, Rektor Unika Soegijapranata Semarang, Prof Dr Frederik Ridwan Sanjaya, MSIEC dalam sambutannya mengingatkan pentingnya interaksi yang semakin optimal setelah kelulusan. Jangan biarkan almamater sebagai masa lalu semata. Kemajuan teknologi dan sistem informasi universitas mesti menjadi rumah bersama juga bagi para alumni.

Guru besar bidang sistem informasi ini mengatakan, aplikasi "Halo Alumni" wadah yang dapat saling menginspirasi untuk berbagi dan tidak berjarak dengan lulusannya. Rumah Alumni bisa menjadi mutual benefit dan menghasilkan inspirasi serta gagasan kreatif yang potensial untuk pengembangan diri dan masyarakat. Alumni juga memberi makna positif bagi universitas dalam rangka crowdfunding yang bermanfaat serta membangun jejarik kerja. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.