Header Ads

5 Tips Biar Gajimu Tidak Cepet Habis


JAKARTA, KalderaNews.com
- Banyak dari kamu pasti ada yang mengalami kehabisan gaji sebelum tanggal tua tiba. Baru di tengah bulan saja sudah kehabisan gaji. Ini semua terjadi karena kamu tidak bijaksana dalam mengelola keuangan. Nah, biar keuangan tidak amburadul, ada baiknya renungkan tips berikut ini:

1. Menabung di Awal
Banyak dari kamu menabung tidak langsung setelah menerima gaji. Kesannya menabung itu hanya menyisakan, bukan menyisihkan langsung di awal begitu menerima gaji. Kalau kamu langsung menabung di awal yang jumlahnya antara 20-30% dari gaji bulanan, pasti kamu akan merasakan bedanya. Awalnya mungkin kamu akan merasa susah karena harus langsung melakukan pengiritan, tetapi ini langkah yang tepat yaitu menyisihkan di awal.

2. Prioritaskan Kebutuhan
Banyak toko dan supermarket memberikan diskon yang menarik di tanggal-tanggal muda. Ini adalah strategi mereka untuk mengeruk uang kita. So, pastikan kamu bisa mengendalikan diri saat melihat diskon begitu habis menerika gaji. Prioritaskan pada apa yang benar-benar dibutuhkan dan bukan apa yang hanya diinginkan. Kalau tidak bisa menahan diri, uang yang ada di dompet Anda bisa-bisa dibelanjakan semuanya.

3. Jangan Terlalu Sering Makan di Luar
Sesekali makan di luar seperti di kafe atau restoran tidak menjadi masalah. Masalahnya banyak dari kamu biasanya memiliki keinginan yang tinggi untuk makan di luar terus begitu menerima gaji. Ngaku tidak? Agar hemat, kamu makan di rumah atau masak sendiri. Makan masakan sendiri sudah pasti terjamin kesehatannya.

4. Tidak Pakai Kartu Kredit Dulu
Kartu kredit memang mendatangkan kemudahan. Tak perlu bawa uang cash dan ada diskon tambahan, bisanya menjadi pemicu konsumtif kita. Sayangnya, banyak dari kamu menjadi tidak terkontrol sehingga baru kaget begitu menerima tagihan yang menumpuk. Alangkah baiknya tidak mengajukan kartu kredit dulu kalau tanpa kartu kredit saja keuangnmu sudah amburadul.

5. Siapkan Uang Cash Secukupnya
Saat kamu mengambil uang di ATM, usahakan untuk mengambil uang secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Memiliki uang cash di dompet yang berlebihan terlalu memudahkan kamu untuk kalap dan cepat-cepat menghabiskannya. (NS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.