Header Ads

7 Beasiswa Studi ke Negeri Gajah Thailand Buat Kamu pada 2018



JAKARTA, KalderaNews.com - Ada beragam skema beasiswa jika kamu ingin kuliah ke Negeri Gajah Thailand mulai dari full scholarship yang mengcover seluruh biaya kuliah, baik itu tuition fee, biaya hidup/living cost, biaya transportasi, asuransi kesehatan (optimal), biaya conference/seminar international, biaya riset dan biaya buku dan partial scholarship yang hanya menanggung sebagian biaya selama kuliah, biasanya berupa tuition fee saja, biaya seminar atau biaya riset saja.

Di luar dua beasiswa ini masih ada on going scholarship yang diberikan pada mahasiswa yang sedang dalam proses studinya. Artinya, sebelumnya mahasiswa tersebut kuliah dengan biaya sendiri lalu di tengah jalan ada tawaran beasiswa.

Nah, kalau di Thailand sendiri, beasiswa yang bisa kamu buru pada 2018 ini yaitu ASEAN Scholarship, ASEAN University Network (AUN) SEED Scholarship, His Majesty the King’s Scholarships and Her Majesty the Queen’s Scholarships, Graduate Scholarships, Research Scholarship, Conference Scholarship dan Partial Scholarship.

1. ASEAN Scholarship diberikan pada mahasiswa asing yang berasal dari negara-negara ASEAN. “ASEAN Scholarship” ini termasuk beasiswa favorit bagi mahasiswa Indonesia yang ingin studi ke Thailand. Selain full scholarship S2/S3, juga ada beasiswa short course untuk S1 (kuliah singkat satu semester atau 6 bulan dengan biaya penuh)mulai tution fee, biaya hidup selama kuliah (stipend) dan tiket pesawat PP.

Adapun mengenai persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ASEAN Scholarship secara umum adalah:

IPK/GPA minimal 3,0 (skala 4)
TOEFL minimal 500, atau IELTS minimal 5.5
Proposal ringkas thesis/disertasi
2 recommendation letter dari profesor/pembimbing atau atasan
Bersedia menjadi Teaching Assistant (TA)

2. ASEAN University Network (AUN) SEED Scholarship diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal kampus asal yang tergabung dalam “ASEAN University Network” seperti UGM, ITB, UI dan ITS. Menurut website AUN/SEED-net sendiri, Thailand merupakan negara favorit dari para penerima beasiswa ini. AUN SEED Scholarship ini termasuk full scholarship juga.

3.His Majesty the King’s Scholarships and Her Majesty the Queen’s Scholarships. Beasiswa untuk studi s2 (master) dan s3 (doktoral) dari Royal Thai Government (RTG) baik untuk mahasiswa dari Thailand maupun dari negara lain, khususnya dari Asia. Persyaratan beasiswa ini pada umumnya sama dengan beasiswa lainnya . Coverage beasiswanya meliputi biaya studi (tuition fee), asuransi kesehatan, biaya perjalanan, biaya riset dan biaya hidup.

4. Graduate Scholarships ditawarkan oleh graduate school atau program pascasarjana dari universitas. Besaran dan kriterianya bervariasi dari tiap kampus. Tapi umumnya yang disyaratkan adalah yang sudah menerima LoA atau Letter of Acceptance dari kampus. Nilai living cost/stipend per bulan biasanya tidak sebesar program beasiswa lainnya.

5. Research Scholarship
menanggung seluruh biaya penelitian mahasiswa. Persyaratan untuk mendaftar biasanya yang sudah lulus seminar proposal (defense seminar) dan persyaratan lainnya misalnya IPK dengan minimal tertentu. Umumnya beasiswa ini disediakan dan dikordinir oleh graduate school atau program pascasarjana dari tiap universitas.

6. Conference Scholarship biasanya untuk mengikuti conference atau seminar ilmiah internasional bagi mahasiswa. Beasiswa conference ini umumnya ditawarkan oleh graduate school. Biaya yang ditanggung biasanya meliputi biaya pendaftaran (paper submission) dan juga biaya transportasi pulang pergi ke tempat acara.

7. Partial Scholarship ini memiliki skema berbeda di tiap universitas. Ada juga yang memberikan beasiswa untuk satu atau dua semester saja, atau beasiswa komponen kuliah tertentu. Intinya bagian dari biaya kuliah dibebaskan pembayarannya. Beberapa kampus besar di Thailand ini bisa jadi pilihan kamu Chulalongkorn University Graduate School, Mahidol University Graduate Studies, Kasetsart University Graduate School, Thammasat University Graduate School, Asian Institute of Technology Graduate School, Khon Kaen University dan Mae Fah Luang (Chiang Rai) University. (FA


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.