Header Ads

Kuota Darmasiswa Tahun Ini 650 Mahasiswa untuk Seluruh Dunia


NANNING, KalderaNews.com -  Puluhan mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia di berbagai wilayah di China bersaing ketat memperebutkan program beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bernama Darmasiswa.

Pada tahun ini Kemendikbud Indonesia memberikan kuota Darmasiswa kepada 16 mahasiswa China. Jumlah itu terus menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang pernah mencapai 70 mahasiswa.

Beberapa alumni Darmasiswa saat ini banyak yang menjadi tenaga pengajar Bahasa Indonesia di China dan wartawan atau editor media resmi di China yang memiliki divisi pemberitaan Bahasa Indonesia.

Secara keseluruhan Kemendikbud menyediakan kuota untuk 650 mahasiswa program Darmasiswa di seluruh dunia pada tahun ini. Kebanyakan para peraih beasiswa Darmasiswa mempelajari dan memperdalam Bahasa Indonesia di beberapa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, di Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali.

Untuk di luar Jawa, pelamar beasiswa juga membidik kampus-kampus di Aceh, Padang, dan Lampung. Fasilitas yang diberikan Kemendikbud RI kepada peraih Darmasiswa adalah biaya kuliah dan bantuan biaya hidup selama 12 bulan berturut-turut.

Sampai saat ini di China terdapat 11 perguruan tinggi yang memiliki jurusan Bahasa Indonesia dan setiap tahun rata-rata menerima 20 mahasiswa baru. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.