Header Ads

LEMIGAS RI Jalin Kerjasama Riset dengan ESPOL Ekuador

Penandatanganan Kerjasama LEMIGAS - ESPOL (KalderaNews/KBRI Quito)
QUITO, KalderaNews.com - Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”, Dr. Ir. Patuan Alfon Simanjuntak, M.K.K.K bersama Rektor Escuela Superior Politecnica Del Litoral “ESPOL” dari Ekuador pada hari Sabtu, 27 Januari 2018 telah menandatangani sebuah perjanjian penelitian bersama antara kedua pihak tentang penelitian dan pengembangan teknologi minyak dan gas bumi.

Pensosbud KBRI Quito pada KalderaNews menyampaikan penandatanganan dilakukan di kampus ESPOL di Kota Guayaquil dengan disaksikan oleh Duta Besar RI Quito dan civitas akademika ESPOL. Selain itu hadir juga Eduardo Lopez, mantan Menteri Perminyakan Ekuador dan pemilik perusahaan Sertecpect yang juga bergerak di bidang minyak dan gas bumi.

Menurut Duta Besar RI Quito, Diennaryati Tjokrosuprihatono, penandatanganan perjanjian ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Indonesia dan Ekuador khususnya di bidang penelitian dan pengembangan minyak dan gas bumi serta diharapkan akan diikuti oleh proyek-proyek bersama di antara LEMIGAS dan ESPOL.

Menindaklanjuti penandatanganan tersebut, Kepala LEMIGAS menyampaikan bahwa dari hasil pembicaraan dengan pihak ESPOL, kedua pihak sepakat untuk mengembangkan beberapa kerjasama di masa depan.

“Kedua pihak sepakat antara lain untuk untuk menjajaki kerjasama dalam sertifikasi cadangan lapangan-lapangan migas Ekuador dan LEMIGAS akan memberikan supervisi pengembangan Laboratorium Petroleum Engineering dan Petrology milik ESPOL,” ujar Patuan Alfon Simanjuntak seusai pertemuan dengan pihak ESPOL.

Selain itu kedua pihak juga sepakat untuk menjajaki kerjasama pengembangan teknologi untuk efisiensi pengangkatan minyak dari sumur-sumur tua di kedua negara.

Untuk segera menindaklanjuti kesepakatan-kesepakatan yang telah dibicarakan di Ekuador tersebut, pihak ESPOL akan melakukan kunjungan dan peninjauan fasilitas-fasilitas penelitian milik LEMIGAS pada bulan April 2018. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.