Header Ads

Mau Dapat Bidikmisi 2018? Silakan Mulai Baca-baca Persyaratan Umumnya


JAKARTA, KalderaNews.com - Bidikmisi sebenarnya berbeda dengan beasiswa, tetapi masyarakat menyebut bantuan pendidikan tak beda jauh dengan beasiswa. Di laman resminya disebutkan bahwa bidikmisi itu bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Bidikmisi terdiri dari beberapa jalur, diantaranya adalah Bidikmisi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN, Bidikmisi jalur mandiri PTN, dan Bidikmisi jalur mandiri PTS, Bidikmisi UT dan Bidikmisi ISI.

Syarat untuk mendapatkan Bidikmisi, peserta harus lulus seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UT, ISI, atau Bidikmisi PTS terlebih dahulu. Jika telah lulus melalui salah satu jalur seleksi tersebut maka yang bersangkutan memiliki peluang yang besar untuk bisa mendapatkan Bidikmisi.

Berikut ini persyaratan pendaftaran online Bidikmisi
1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2018
2. Lulusan tahun 2017 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
- Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
- Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
- PTN dengan pilihan seleksi masuk: Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau Seleksi Mandiri PTN, Politeknik, UT, dan ISI
- PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Jalur pendaftaran Bidikmisi untuk calon mahasiswa baru dilakukan melalui beberapa jalur, baik jalur nasional maupun jalur mandiri. Nah, setelah menyelesaikan tahap pendaftaran online dan dinyatakan lulus jalur seleksi yang diikuti.


Selanjutnya, panitia Bidikmisi melakukan seleksi tahap selanjutnya. Biasanya mereka melakukan survei dengan datang langsung ke rumah peserta. Kemudian panitia akan menentukan apakan peserta berhak mendapatkan Bidikmisi atau tidak. Tertarik mendapatkan bantuan beasiswa ini pada 2018? Silakan mulai membaca-baca dan banyak mengekplorenya. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.