Header Ads

Mau Lihat Gerhana Bulan Total Karena Surat Edaran Pak Anies?


JAKARTA, KalderaNews.com
- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan edaran terkait dengan peristiwa gerhana bulan total (GBT) yang akan terjadi pada Rabu, 31 Januari 2018 mendatang di wilayah Jakarta.

Surat edaran yang juga tersebar di kalangan para guru tersebut berisi informasi tentang fenomena ini yang bisa dijadikan media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan.


Surat edaran Gubernur DKI Jakarta

Surat edaran itu sejatinya berisi imbauan pada 3 instansi yaitu: Pertama, Kepala Dinas Pendidikan yang berisi imbauan agar Kadisdik menyebarluaskan kepada sekolah-sekolah berisi informasi tentang fenomena gerhana disertai dengan imbauan kepada para guru untuk menjadikan fenomena ini sebagai media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan.

Kedua, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya harap menyiapkan fasilitas dan dukungan di tempat-tempat wisata di bawah pengelolaan Pemerintah Provinsi yang dapat dijadikan titik pengamatan gerhana bulan bagi warga Jakarta.

Ketiga, Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual harap menyebarkan edaran kepada masjid-masjid berisi informasi tentang fenomena GBT disertai ajakan dan panduan untuk menunaikan shalat gerhana.

Gerhana Bulan Total terjadi bertepatan dengan fenomena Supermoon dan Blue Moon. Awal GBT terjadi pada pukul 19.51 WIB dengan puncaknya 20.29 WIB dan berakhir pada pukul 21.07 WIB.

Berdasarkan rilis BMKG, pada 31 Januari pukul 20.29 WIB  Bulan berada pada fase purnama. Saat itu pula gerhana bulan total berada pada fase puncak. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.


Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini