Header Ads

1.100 Kuota Beasiswa Disiapkan untuk Putra-putri Papua dan Papua Barat


JAYAPURA, KalderaNews.com -  Direktur Kemahasiswaan Direktorat Belmawa Kemenristekdikti Didin Wahidin menegaskan putra-putri asli orang Papua berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi dengan beasiswa kuliah dari pemerintah pusat melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Sebanyak 1.100 kuota beasiswa disiapkan untuk putra-putri terbaik di Provinsi Papua dan Papua Barat. Papua Barat bakal mendapat 225 kuota, Papua 375 kuota, program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) 400 kuota, program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) 300 kuota dan kabupaten 3T di Bumi Cenderawasih 100 kuota.

Ia menjelaskan 1.000 kuota diperuntukkan bagi putra-putri asli orang Papua yang akan direkrut oleh Dinas Pendidikan setempat bersama tim, sedangkan sisanya 100 kuota lainnya  disediakan untuk pelamar yang bukan OAP namun lahir besar di Bumi Cenderawasih.

Ia mengakui proses perekrutan pelamar di Papua pastinya tidak sama dengan daerah lain. Tes Potensi Akademi (TPA) yang memiliki nilai prediksi dalam meramalkan tingkat keberhasilan siswa dalam program pendidikan di perguruan tinggi diterapkan di Papua.

Pendaftaran beasiswa ADIK sendiri tidak hanya dilakukan secara daring (online), tapi juga luring (luar jaringan/manual) sehingga meminimalisir alasan tidak ada jaringan internet bagi yang jauh dari jangkauan. (NS)



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.