Header Ads

2 Tips Belanja Online yang Wajib Kamu Tahu


JAKARTA, KalderaNews.com - Belanja online kini telah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat di Indonesia, terutama para milenialnya. Belanja online memang menawarkan kemudahan dan efisiensi waktu dan tenaga. Kita tak perlu mengorbankan waktu, biaya dan tenaga untuk mendatangi toko offline. Belanja online bisa dilakukan sembari duduk di atas sofa melalui aplikasi di smartphone. Setelah uang ditransfer, barang yang dipesan pun akan dikirim. Namun di balik kepraktisan semacam ini, ada saja kejadian konsumen yang mengeluhkan kualitas barang yang diterimanya tidak seperti yang diharapkan. Nah, biar kamu bisa mendapatkan barang seperti yang diinginkan, sebaiknya perhatikan tips berikut ini:

1. Pastikan Reputasi Toko Online

Saat ini ada ribuan toko online. Melakukan riset untuk mengetahui reputasi berdasarkan pengalaman positif dan negatif dari konsumen adalah langkah bijak. Caranya: gooling saja hal-hal negatif terkait toko online tersebut. Pastikan kepuasan konsumen lain yang sudah belanja di toko online tersebut. Cara lainnya yaitu melihat bintang dan rating situs atau aplikasi yang dimiliki toko online tersebut. Semakin banyak bintang dan semakin tinggi rating maka semakin kredibel toko online tersebut.

2. Teliti Kualitas Barang

Perlu dicatat di sini: barang yang dipajang di etalase biasanya sudah dipercantik sedemikian rupa sehingga dari pandangan mata akan menarik. Jadi, karena pembeli tidak melihat secara fisik, teliti benar-benar barangnya dengan seksama sebelum melakukan pembayaran. Jangan sampai barang yang diterima tidak sesuai dengan yang diinginkan. Perhatikan betul-betul deskripsi barangnya. Ketelitian akan meminimalisir barang yang diterima tidak sesuai dengan gambar produk yang dipajang di etalase. Jangan lupa pula, baca kebijakan pengembalian dan lain-lainnya agar kita tahu pasti apa yang akan terjadi bila pembelian tidak sebagaimana yang direncanakan. (NS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.