Header Ads

Berikut Ini Daftar Lengkap Beasiswa ke Amerika Serikat


JAKARTA, KalderaNews.com - Ada beragam beasiswa ke Negeri Paman Sam karena Amerika ini tergolong negara yang royal dengan beasiswa internasionalnya. Dari tahun ke tahun peminatnya melonjak drastis jauh melebihi kuota yang tersedia. Nah, kalau masih bingung mau memburu beasiswa yang mana, berikut ini daftar lengkap beasiswa ke Amerika yang perlu kamu tahu:

1. Beasiswa Fulbright


Beasiswa penuh ini boleh dikata beasiswa yang paling termasyur. Maklum, Fulbright terbilang cukup tua karena ada sejak 1946. Fullbright Foreign Students Program adalah beasiswa yang didanai oleh Amerika Serikat. Beasiswa bergengsi ini membantu mahasiswa dari berbagai dunia yang ingin melanjutkan studi master, PhD di universitas-universitas yang ada di Amerika. Penerima beasiswa akan dibiayai secara penuh selama masa studi dan akan meperoleh berbagai macam tunjangan biaya seperti kesehatan , penelitian, tiket pesawat, uang saku, dan masih banyak lagi yang lainnya. Di Indonesia, pengelolaan beasiswa Fulbright ditangani oleh Lembaga AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Ada beragam jenis beasiswa Fulbright, di antaranya Fulbright master’s degree program, Fulbright PhD degree program, Fulbright Doctoral Dissertation Research Program, dan jenis-jenis lainnya. Jika kamu tertarik dengan Fulbright ini, silakan mulai mempelajarinya di situs resminya dengan klik: Fulbrighy AMINEF.

2. Beasiswa Hubert H. Humprey 

Program Hubert H. Humphrey Fellowship ini berlangsung selama 9 bulan dimana peserta program ini tentu akan menerima pendidikan dan juga mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan profesionalisme dalam lingkungan yang sangat beragam di Amerika Serikat. Target utama dari program ini adalah para professional yang masih berada dalam tingkatan menengah pada karirnya sehingga diharapkan bisa lebih berkembang setelah mengikuti program ini nantinya. Program Hubert H. Humphrey Fellowship ini mencakup biaya kuliah di universitas yang ada di Amerika Serikat, biaya pelatihan bahasa Inggris jika diperlukan, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, tunjangan buku, subsidi komputer, tiket pesawat pergi-pulang, biaya-biaya untuk pengembangan professional seperti seminar dan kunjungan. Jika berminat, silakan mulai mempelajarinya dengan klik: Beasiswa Hubert H. Humprey.

3. Beasiswa Prestasi

 
Beasiswa Prestasi (Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impacts) juga salah satu beasiswa yang bisa diperoleh untuk studi ke AS. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang dibiayai oleh USAID Indonesia dan merupakan program kemitraan Pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia. Program beasiswa ini rutin ditawarkan setiap dua tahun sekali. Beasiswa Prestasi ditawarkan untuk jenjang master (S2) di universitas-universitas di Amerika Serikat. Biaya yang ditanggung oleh USAID meliputi biaya pendidikan, pelatihan pra-akademik, biaya hidup, tunjangan pra-akademik, tes iBT TOEFL sebanyak 2 kali dan tes GRE, penempatan universitas hingga 4 kali, biaya buku dan laptop, serta juga asuransi. Jika kamu tertarik mendapatkan beasiswa ini, silakan mulai mengenalinya dengan klik: Prestasi USAID.

4. Beasiswa Sumitro
  
Sumitro Fellows Program. Beasiswa ini didedikasikan kepada Profesor Sumitro Djojohadikusumo, seorang ekonom Indonesia yang juga mantan Menteri Perdagangan. Beasiswa senilai $USD 10.000 ini diperuntukkan bagi kegiatan riset di Amerika Serikat yang terkait dengan hubungan Indonesia-AS. Mereka yang bisa mengajukan beasiswa Sumitro ini di antaranya lulusan post-doctoral, calon doktor, akademisi, serta para profesional. Beasiswa Sumitro tidak hanya dibuka bagi warga Indonesia, tapi juga warga AS. Syarat umumnya yaitu penelitian terkait dengan hubungan bilateral Indonesia-AS dan mahir berbahasa Inggris dibuktikan dengan skor TOEFL, pengecualian bagi mereka lulusan universitas di AS atau negara yang menggunakan bahasa Inggris. Mulai tertarik dengan beasiswa ini, klik:  Beasiswa Sumitro.

5. Hibah MMMF 

Peluang beasiswa ini terbuka bagi kaum perempuan dari negara berkembang yang tengah menjalani studi di Amerika Serikat atau Kanada. Beasiswa kuliah diberikan dalam bentuk hibah dari Margaret Mcnamara Memorial Fund (MMMF) atau MMMF Grants. Margaret Mcnamara Memorial Fund (MMMF) merupakan program hibah yang khusus ditujukan bagi kaum hawa yang memperlihatkan komitmen untuk bekerja dalam memberdayakan anak-anak di negara berkembang. Bantuan ini tersedia untuk negara berkembang dan dapat dipergunakan buat mereka yang akan mengambil studi di Amerika Serikat atau Kanada. Nilai hibah yang diberikan masing-masing $USD 12.000. Durasi beasiswa berlangsung selama dua tahun dan dapat dipergunakan untuk membiayai studi S2. Setelah menyelesaikan beasiswa tersebut, kandidat bersangkutan diharapkan bisa kembali di negara asalnya untuk mengaplikasi ilmu yang telah diraih. Nah, bagi kamu kaum hawa yang berminat dengan beasiswa MMMF ini, silakan mempelajarinya di laman resminya dengan klik: Hibah MMMF.

6. Beasiswa Rotary 


Selanjutnya bagi kamu yang tertarik dengan bidang perdamaian, pencegahan dan resolusi konflik, tak ada salahnya mengambil program beasiswa Rotary Peace Fellowships. Beasiswa ini terbuka untuk pekerja di pemerintahan, NGO, militer, penegak hukum, atau organisasi internasional lainnya seperti PBB dan Bank Dunia. Beasiswa Rotary merupakan beasiswa penuh yang meliputi biaya kuliah, tempat tinggal, transportasi PP, termasuk biaya studi lapangan. Beasiswa terdiri dari beasiswa master selama maksimal 24 bulan dan pelatihan profesional sekitar 3 bulan. Selain di AS, kampus tujuan juga berada Jepang, Inggris, Australia, dan Swedia. Sebelum mengajukan permohonan, pelamar diminta terlebih dahulu memperoleh rekomendasi dari Rotary Club lokal. Informasi lebih lanjut bisa disimak melalui laman resmi Rotary dengan klik: Rotary Peace Fellowships.

7. Beasiswa Training iLEAP


Ingin ikutan pelatihan kepemimpinan di AS? iLEAP salah satu wadahnya. Pelatihan berlangsung sekitar delapan minggu di Seattle, Washington, AS. Beasiswa ini ditawarkan melalui skema iLEAP International Fellowship. Cocok buat Anda yang berkecimpung di NGO dan CBO, atau mereka yang menjalankan bisnis dengan orientasi sosial. Semua biaya yang diperlukan selama pelatihan ditanggung, seperti biaya hidup, tiket pesawat, visa, kamar tidur, serta fasilitas terkait lainnya. iLEAP International Fellowship merupakan investasi jangka panjang berbasiskan kepemimpinan masyarakat di Asia, Afrika dan Amerika Latin. Setiap tahun, iLEAP memilih hingga 15 pemimpin tingkat komunitas masyarakat. Untuk dapat melamar program fellowship ini kamu harus bekerja penuh waktu di salah satu atau lebih negara berikut, yakni: Thailand, Kamboja, Myanmar, Laos, Vietnam, Indonesia, Timor Leste, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Papua Nugini, dan Filipina. Kamu harus memiliki pengalaman kerja minimal lima tahun dalam jenjang kepemimpinan di lembaga swdaya masyarakat (LSM) atau bisnis berbasis sosial. Tentunya, bahasa Inggris kamu juga harus bagus. Jika tertarik, silakan klik: Beasiswa Training iLEAP. (JS)



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini