Header Ads

Daftar Lengkap Beasiswa dari Pemerintah dan Universitas di Australia


JAKARTA, KalderaNews.com
- Pemerintah dan universitas di Australia termasuk getol memberikan beasiswa untuk para siswa internasional yang ingin belajar di Australia. Berikut ini beberapa contohnya:

1. BEASISWA PEMERINTAH AUSTRALIA

A.  Beasiswa Australia Awards
Beasiswa Australia Awards, yang sebelumnya dikenal sebagai Australian Development Scholarships (ADS), merupakan penghargaan pembangunan jangka panjang yang dikelola oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan. Mereka memberi kesempatan kepada orang-orang dari negara-negara berkembang, terutama negara-negara yang berada di wilayah Indo-Pasifik, untuk melakukan studi sarjana atau pascasarjana penuh waktu di universitas Australia yang berpartisipasi dan institusi Pendidikan dan Kejuruan (TAFE). Beasiswa internasional bergengsi ini ada dua jenis yaitu kursus singkat atau Short Term Awards dan program pascasarjana atau Long Term Awards. Adapun syarat biasanya harus dipenuhi yaitu IPK minimal 2,9 dan khusus untuk program S2  harus minimal 5,5 untuk IELTS (atau 525 untuk TOEFL atau 69 untuk TOEFL berbasis internet). Pendaftaran Australia Awards biasnaya mulai dibuka pada Februari hingga April 2018. Jika tertarik kuliah dengan beasiswa ini, silakan gali informasinya di web resminya dengan klik Australia Awards.
 

B. Endeavour Postgraduate Scholarship Awards
The Endeavour Postgraduate Awards memberikan dukungan finansial penuh bagi siswa internasional untuk mengikuti kuliah pascasarjana di tingkat Master atau PhD baik melalui kursus maupun penelitian di Australia. Beasiswa tersebut meliputi biaya kuliah, tunjangan perjalanan, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, biaya perjalanan dan lain sebagainya. Kesempatan yang terbuka buatmu tentu saja beasiswa 2019 mendatang yang pendaftarannya biasa dibuka pada April 2018. Informasi lebih lengkap beasiswa ini, kunjungi website resminya dengan klik Endeavour Scholarships and Fellowships.
 

C.  Beasiswa Penelitian Pascasarjana Internasional (International Postgraduate Research Scholarship / IPRS)
Beasiswa ini tersedia untuk jangka waktu dua tahun untuk gelar Master dan penelitian atau tiga tahun untuk gelar Doktor oleh penelitian. Beasiswa tersebut meliputi biaya kuliah dan biaya perlindungan kesehatan. Nah, beasiswa master dan doktor ini pendaftarannya pada April-Oktober 2018. Beasiswa ini terbuka untuk seluruh mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Kamu bisa menimba ilmu selama 2 tahun untuk mendapatkan gelar master dan 3 tahun untuk gelar doktor. Nah, untuk mendapatkan informasi lengkapnya, tak ada salahnya kunjungi langsung laman resmi IPRS dengan klik International Postgraduate Research Scholarships.
 

D. APEC Women in Research Fellowship
Nah kalau beasiswa ini tentu saja khusus untuk kaum hawa (perempuan) yang berasal dari anggota negara APEC. Karena Indonesia termasuk negara anggota APEC, kamu tentu memiliki kesempatan yang sama dengan para perempuan dari negara anggota APEC lainnya. Beasiswa ini berupa riset selama 6 bulan di Australia yang biasanya dilaksanakan pada Juli hingga Desember. Nah, karena ini beasiswa riset, syarat utamanya kamu memang harus memiliki gelar PhD. Nah, bagi kamu yang telah bergelar PhD dan belum memiliki rencana riset pada 2018 ini, tak ada salahnya memanfaatkan peluang ini untuk menambah ilmu sekaligus merefresh ilmu. Untuk informasi selengkapnya, silakan klik tautan APEC Women in Research Fellowship.

2. BEASISWA DARI UNIVERSITAS DI AUSTRALIA
 

A. Beasiswa Penelitian Internasional di Universitas Sydney
University of Sydney mengundang kandidat yang memenuhi syarat untuk melakukan penelitian untuk Program Master's Research di Universitas ini dengan mengajukan beasiswanya ke University of Sydney International Research Scholarship (USydIS). USydIS akan menanggung biaya kuliah dan tunjangan hidup hingga tiga tahun dengan kemungkinan perpanjangan satu semester untuk siswa PhD. Untuk meraih beasiswa ini, kamu harus memenuhi sejumlah syarat diantaranya mendaftar sebagai pelajar internasional di Higher Degree by Research (HDR) di Universitas of Sydney, tidak sedang menerima beasiswa dari Australia Award, belum pernah menerima beasiswa dalam waktu lima tahun terakhir. Informasi lengkapnya klik Beasiswa University of Sydney

B. Beasiswa Universitas Macquarie
Beasiswa internasional Universitas Macquarie memberikan beasiswa biaya kuliah parsial bagi siswa berprestasi untuk mendapatkan gelar sarjana atau pascasarjana di kampus Macquarie University North Ryde. Besaran beasiswa bervariasi hingga 10.000 Dollar Australia. Tahap pertama, kandidat harus mendaftar terlebih dahulu ke Macquarie University dengan mengisi formulir online. Kamu biasnaya diminta mengisi biodata kemudian diarahkan memilih perkuliahan yang mau diambil. Ada beberapa dokumen aplikasi yang diminta saat mendaftar. Setelah terdaftar di universitas, pelamar akan memperoleh nomor mahasiswa yang nantinya akan digunakan saat mengajukan aplikasi beasiswa. Pastikan Anda memilih beasiswa sesuai dengan level studi, undergraduate (UG) atau postgraduate (PG). Info selengkapnya klik:

Universitas Macquarie.

C. Beasiswa Penelitian Melbourne
Melbourne Research Scholarship (MRS) didirikan oleh University of Melbourne dan diberikan kepada mahasiswa riset domestik dan internasional yang berprestasi tinggi. Manfaat dari Melbourne Research Scholarship bervariasi tergantung pada kebutuhan masing-masing mulai dari tunjangan hidup dua minggu, tunjangan relokasi, kesehatan, cuti hamil hingga pengurangan biaya penuh (hanya untuk pelajar internasional). Klik:
Melbourne Research Scholarship (MRS)

D. Beasiswa Adelaide International
University of Adelaide menawarkan program Adelaide Scholarships International (ASI) untuk menarik siswa pasca sarjana internasional berkualitas tinggi melakukan penelitian di Universitas Adelaide. Beasiswa tersebut meliputi biaya kuliah, tunjangan hidup tahunan dan asuransi kesehatan. Klik: Adelaide Scholarships International (ASI)


E. Beasiswa Flinders International Postgraduate
Beasiswa penelitian pascasarjana Flinders (FIPRS) ini diberikan kepada pelamar yang memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar di Flinders University  sampai dua tahun untuk riset terkait gelar master sampai tiga tahun untuk gelar doktor penelitian. Beasiswa tersebut mencakup biaya kuliah hingga berbagai tunjangan hidup. Klik: Beasiswa Flinders International Postgraduate. (JS)



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

2 komentar:

  1. Tertarik untuk kuliah di australia mohon panduanya umur 31 pendidikan terakhir SMK

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.