Header Ads

Gubernur DKI: Masalah Sampah Adalah Masalah Kita Semua

Kunjungan lapangan Gubernur DKI Anies Baswedan, Deputi Bidang Kedaulatan Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Havas Oegroseno,  World Bank Country Director Rodrigo A. Chaves, Duta Besar Norwegia Vegard Kalee, Duta Besar Denmark Rasmus A. Kristensen ke Pintu Air Manggarai di Jakarta (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com - Gubernur DKI Anies Baswedan masalah sampah adalah masalah kita semua. Sebagai ibu kota, Jakarta menghasilkan sekitar 7000 ton sampah per hari. Per November 2017, Jakarta menghasilkan sekitar 2.3 juta ton sampah per tahun, termasuk 54% sampah organik dan 14% sampah plastik.

“Penanganan sampah memerlukan peran aktif para warga. Saat ini kita masih dalam tahap 2.0 dimana Pemda dianggap sebagai penyedia jasa, dimana warga membuang sampah, pasukan oranye membersihkan," tandasnya.

Ia menambahkan Indonesia ingin menuju ke tahap 3.0 dimana warga berperan aktif dalam menjaga lingkungan dengan cara bergotong royong, bekerja bakti dan berani menegur apabila ada yang membuang sampah sembarangan. 



BACA JUGA:
Alamak, Indonesia Pencemar Sampah Plastik Nomor Dua di Dunia Setelah Cina


"Segala upaya akan semakin bermakna apabila seluruh pihak merasa bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan kota ini. Maju kotanya bahagia warganya," imbuhnya.

Diketahui, Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan berat dalam menangani kondisi sampah, termasuk dalam hal pengelolaan dan dampaknya pada masa depan. Saat ini Indonesia memproduksi 64 juta ton sampah per tahun termasuk 3.2 juta ton sampah plastik yang mana 1.3 juta ton berakhir di laut.

Berbagai hasil studi bahkan menemukan bahwa Indonesia adalah pencemar sampah plastik nomor dua di dunia setelah Cina. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini