Header Ads

Ini Cara Kuliah di Universitas Ternama di Belanda dengan Biaya Ringan

Salah satu mahasiswi penerima beasiswa ke Belanda dari Indonesia (KalderaNews/Neso Indonesia)
JAKARTA, KalderaNews.com - Termasyur dengan julukan Negeri Kincir Angin, Belanda memang menjadi salah satu destinasi studi favorit bagi banyak pelajar Indonesia. Selain kualitas pendidikannya yang diakui secara internasional, ternyata ada lebih dari 2.100 program studi dalam bahasa Inggris yang ditawarkan. Ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri dibanding misalkan Jerman dan Perancis yang mensyaratkan kemahiran bahasa Jerman dan Perancis. Belanda tidak mewajibkan para mahasiswanya mahir berbahasa Belanda. Boleh dikata, orang Belanda banyak yang mengerti bahasa Inggris.

Nah, jika kamu pingin kuliah ke luar negeri, Belanda adalah pilihan yang tepat. Apalagi, sistem pendidikan di Belanda juga hampir sama seperti di Indonesia dengan istilah-istilah yang dekat seperti fakultas, program studi hingga sistem kredit semester (SKS). Namun harus diakui, kuliah di luar negeri itu biayanya tidak sedikit.

Nah, untuk urusan yang satu ini kamu tak perlu khawatir. Biaya kuliah di Belanda bisa menjadi ringan dan tak terlalu membebani keuangan pribadi dan keluarga kalau kamu bisa mendapatkan beasiswa. Ada beragam beasiswa ke Belanda yang salah satunya yaitu Orange Tulip Scholarship (OTS).

Orange Tulip Scholarship adalah program beasiswa bagi warga negara Indonesia. Institusi pendidikan tinggi Belanda, perusahaan Belanda dan pemerintah Indonesia bergabung sebagai sponsor untuk membuka lebih banyak kesempatan studi di Belanda.

Untuk mendapatkan OTS, calon diharuskan telah melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke universitas yang diinginkan baru mendaftar untuk OTS karena Neso Indonesia selaku pengelola beasiswa tidak menyediakan jasa proses pendaftaran ke universitas tertuju.

Adapun deadline umum untuk penerimaan berkas pendaftaran Orange Tulip Scholarship 2018-2019 adalah 1 April 2018. Kendati demikian, beberapa skema memiliki deadline yang berbeda. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memperhatikan deadline pendaftaran masing-masing universitas untuk tahun akademis 2018-2019 yaitu Maret sampai Mei 2018. Klik Skema 2018-2019.

Berikut ini tahapan seleksi untuk mendapatkan beasiswa OTS 2018 yang musti kamu perhatikan.

Tahap 1: Hingga 1 Mei 2018

Penerimaan berkas dan pra-seleksi oleh Neso Indonesia. Hanya berkas yang lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang akan diteruskan ke universitas atau perusahaan atau Kementerian untuk diproses lebih lanjut.

Tahap 2: Maret-Juli 2018

Review berkas pendaftaran dan seleksi oleh sponsor Orange Tulip Scholarship. Masing-masing sponsor Orange Tulip Scholarship (universitas, perusahaan, Kementerian) akan menyeleksi berkas pendaftaran yang lolos tahapan pra-seleksi. Tahap ini dilakukan secara internal oleh pihak sponsor.

Tahap 3: Mei-Agustus 2018

Tiap sponsor Orange Tulip Scholarship akan menginformasikan hasil seleksi kepada Neso Indonesia. Selanjutnya, Neso Indonesia akan mengirimkan Offer Letter kepada kandidat yang lolos seleksi sponsor. Apabila kandidat menerima tawaran beasiswa maka Offer Letter harus ditandatangani dan dikembalikan ke Neso Indonesia dan akan dikirim ke pihak sponsor.

Setelah tiga tahap ini kamu bisa menikmati kuliah di Belanda dengan biaya ringan dari beragam skema yang kamu pilih. Informasi lengkap tentang skema beasiswa ini silahkan kunjungi website reaminya dengan klik Nuffic Neso Indonesia ini. Selamat menempuh kuliah di Negeri Kincir Angin. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini