Header Ads

Kamu Malas Dah Senin Lagi? Berikut 13 Tips Ampuh untuk Mengatasinya


JAKARTA, KalderaNews.com
- Alamak sudah Senin lagi. Malas! begitulah ungkapan yang biasanya muncul mulai Minggu siang hingga Minggu malam. Banyak dari kamu ogah-ogahan menyambut Senin pagi tiba, apalagi setelah libur panjang.

Ada beragam alasan mengapa banyak dari kita "membenci Hari Senin". Rutinitas, kemacetan dan tumpukan serta deadline kerjaan adalah sejumlah hal yang menjadi penyebabnya.


BACA JUGA:
Duh, Dah Senin Lagi! Ini 5 Alasan Banyak dari Kita Membenci Hari Senin

Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya ada berbagai cara untuk menggairahkan menyambut Senin? Berikut ini tips yang bisa kamu lakuin supaya bersemangat menyambut Senin.

1. Ubah Mindset Tentang Hari Senin
Sugesti adalah proses yang mempengaruhi seseorang sehingga menerima pikiran dan keyakinan, tanpa bersikap kritis. “You are what you think”. So, miliki mindset positif bahwa Senin itu awal yang menggembirakan untuk pencapain dan target baru. Bayangkan lah hal menarik yang ada di kantor, bertemu rekan kerja dan menyiapkan cerita yang akan membuat suasana kerja lebih hidup.

2. Siapkan Keperluan Sejak Minggu Siang
Menyiapkan baju, celana dan sepatu yang akan dikenakan pada Senin mulai Minggu siang hingga petang akan membuat kamu siap untuk menyambut Senin. Cobalah untuk berada di rumah sebelum jam tujuh malam di hari Minggu, dengan begitu kamu memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan pakaian, sepatu, aksesoris dan kertas kerja yang harus dibawa ke kantor. Sehingga saat pagi datang, kamu tidak perlu terburu-buru dan merusak mood seharian penuh.

3. Dengarkan Musik Favoritmu

Mendengarkan musik telah lama menjadi terapi untuk mengatasi berbagai masalah. Dengarkah musik yang ceria dan energik dari mulai Minggu petang akan mengatasi Monday blues. Hampir semua orang menyukai musik. Mendengarkan musik dipercaya dapat mengembalikan mood seseorang, terutama pada hari Senin. Jangan dilupakan, putarlah musik yang menjadi favorit kamu di awal pekerjaanmu di hari Senin. Jika sudah merasa nyaman dan terbawa suasana, kamu akan lupa kalau hari ini adalah hari Senin. Dengan sendirinya, ketegangan dapat dihilangkan dan stres tidak akan terjadi pada diri kamu.

4. Istirahat yang Cukup Saat Akhir Pekan

Agar bersemangat di awal pekan, gunakan waktu untuk refreshing dan beristirahat selama akhir pekan. Sempatkan istirahat tidur siang pada akhir pekan sehingga keesokan harinya tubuh kembali bugar. Menurut penelitian, tidur siang juga dapat membantu menajamkan ingatan. Apalagi jika kualitas tidurnya baik.

5. Bangun Lebih Awal
Hari Senin adalah hari yang identik dengan hari produktif. Jika sebelumnya kamu bisa bermalas-malasan dan bangun kesiangan, hindari hal tersebut pada hari Senin. Bangun lebih awal akan sangat membantumu menyiapkan diri sebelum berangkat kerja. Percayalah, bangun lebih awal dari sebelumnya akan membuat kamu lebih bersemangat.


6. Olahraga Pagi
Cobalah berolahraga sebelum memulai aktivitas di hari Senin. Kamu bisa berlari sebentar di pagi hari. Olahraga akan meningkatkan pengeluaran endorfin yang membuat kamu lebih bahagia.
 

7. Sarapan Menu Favorit, Enak dan Mewah
Apa makanan favorit Anda? Hidangkanlah untukmu dan nikmati sebagai sarapan sebelum berangkat kerja di hari Senin.
 

8. Pakai Parfum dan Baju Berwarna
Memakai parfum dengan aroma segar ternyata juga bisa membuat suasana lebih ceria di hari Senin. Setelah itu, kenakanlah pakaian berwarna-warni yang cerah pada hari Senin. Tak lupa juga, aksesoris hingga tas yang penuh warna. Kamu bisa nampak lebih ceria dan lebih bersemangat menjalani Senin.

9. Nikmati Matahari dan Udara Segar
Sebelum berangkat kerja, pergilah keluar untuk menghirup udara segar dan terpapar sinar matahari pagi. Kalau tidak sempat, kamu bisa melakukannya setelah tiba di kantor. Dua hal ini kan membuat suasana lebih rileks.

10. Minum Air Putih atau Kopi Favoritmu
Sebelum mulai beraktivitas, kamu sebaiknya minum air putih terlebih dahulu. Minum air putih akan membuat kamu lebih fresh dan segar. Selain itu, kamu juga lebih bersemangat karena tubuh sudah diisi dengan cairan sebelum beraktivitas.

11. Duduk Tegak
Menurut profesional kesehatan mental, postur tubuh yang baik saat duduk dapat membantu mengurangi monday blues. Saat bekerja, duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk. Cara tersebut dipercaya bisa membuat semangat meningkat dan kerja lebih produktif.

12. Awali dengan Pekerjaan yang Paling Mudah
Beban hari Senin akan terasa lebih ringan, bila Anda memulai pekerjaan dengan tugas yang lebih mudah atau setidaknya yang menurut kamu mudah.

13. Tersenyumlah
Tebarkan senyum indah kamu kepada orang-orang terkasih mulai dari keluarga, rekan kerja dan atasan. Senyuman mendatangkan ketenangan dan kedamaian.

Jika kamu melakukan tips-tips di atas, yakinlah Hari Senin itu bukan hari yang menyebalkan lagi. Hari Senin adalah hari yang penuh warna. (JS)



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini