Header Ads

Mau Sekolah atau Kuliah di Australia? Begini Ini Lho Sistem Pendidikannya


JAKARTA, KalderaNews.com
- Tidak sedikit pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sekolah dan kuliah di Australia, entah dengan biaya sendiri ataupun dengan beasiswa. Mereka tertarik menimba ilmu ke Australia, selain karena dekat, Australia memang menawarkan beragam pilihan studi lebih dari 1.200 lembaga pendidikan dan lebih dari 22.000 pilihan jurusan bagi siswa internasional.

Kamu dapat belajar pada berbagai level pendidikan dan kualifikasi mulai dari sekolah dasar, menengah, hingga pendidikan kejuruan dan pelatihan (VET), dari kursus bahasa Inggris hingga pendidikan tinggi (termasuk universitas).

Hukum Australia sendiri mengedepankan pendidikan berkualitas dan melindungi siswa internasional apapun pilihan bidang Anda dan berapa lama durasi studi Anda. Perlindungan bagi siswa internasional meliputi Undang Undang Layanan Pendidikan bagi Siswa Asing (ESOS) 2000 (opens in a new window) dan Kode Praktik Nasional bagi Pihak Berwenang dalm Pendaftaran dan Penyedia Jasa Pendidikan dan Pelatihan bagi Siswa Asing 2007 (Kode Nasional) (opens in a new window).

Nah, sebagai siswa internasional dengan visa pelajar, kamu tentunya diwajibkan belajar dalam suatu lembaga pendidikan dan dalam jurusan yang terdaftar pada Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Students (CRICOS/Pendaftaran Persemakmuran untuk Lembaga Pendidikan dan Mata Pelajaran bagi Siswa Asing). CRICOS menjamin bahwa jurusan dan lembaga pendidikan tempat kamu menempuh studi memenuhi standar tinggi yang diharapkan oleh siswa internasional.

Dikutip dari situs resmi Pemerintah Australia, selain Undang Undang ESOS dan Kode Nasional, ada pula organisasi pengaturan dan jaminan kualitas untuk pendidikan tinggi dan lembaga VET. Organisasi pemerintah ini bertanggung jawab untuk pendaftaran/pendaftaran ulang lembaga pendidikan dan akreditasi/akreditasi ulang jurusan.

Jadi, apapun jenis jurusan, durasi studi, tempat studi manapun yang kamu pilih, yakinlah akan pengalaman studi berkualitas tinggi di Australia dan sangat berharga bagi masa depan Anda.

Ada banyak beasiswa, hibah dan bantuan dana yang dapat membantu Anda secara finansial untuk studi Anda di Australia. Beasiswa ini ditawarkan oleh Pemerintah Australia, lembaga pendidikan, dan sejumlah organisasi publik dan swasta lainnya. Semua aplikasi untuk beasiswa dilakukan secara langsung dengan organisasi yang menyediakan. (JS)



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.