Header Ads

Serdadu Samudraraksa Lakukan 8 Program Sosial di Desa Nelayan di Cilincing

#LPDPinAction di Kelurahan Cilincing, Kamis, 22 Februari 2018 (KalderaNews/Ist)
JAKARTA, KalderaNews.com - Kelurahan Cilincing merupakan sebuah daerah padat penduduk yang menyimpan beragam cerita. Adalah Kampung Baru, satu wilayah yang kerap disebut grey-area karena berbagai permasalahan sosial yang ada di dalamnya, dari kesehatan, pendidikan bahkan prostitusi. Keadaan ini mengundang para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang tergabung dalam Persiapan Keberangkatan Angkatan 122 (PK-122) untuk menyambangi daerah ini.

Demi baktinya, para awardee yang menyebut dirinya Serdadu Samudraraksa sudah tiba di lokasi yang berada di muara Kali Marunda ini dari pukul 4 pagi di hari Kamis (22/2). Aktivitas pertama dari 122 orang calon mahasiswa magister dan doktoral tersebut adalah berbaur dengan masyarakat untuk melakukan aksi bersih-bersih kampung di sepanjang area bantaran sungai.

Dalam kegiatan yang diberi nama #LPDPinAction ini, para awardee dibagi ke dalam 8 kelompok kerja yaitu program pasar rakyat, pemeriksaan kesehatan, berani bermimpi yang menargetkan siswa PAUD dan SD, parenting session, pendidikan seks usia dini, pembuatan lapangan bola, mural painting dan keterampilan dan konseling.


#LPDPinAction di Kelurahan Cilincing, Kamis, 22 Februari 2018 (KalderaNews/Ist)
“Penduduk di wilayah ini menghadapi tantangan dari keberadaan kafe remang-remang yang tersebar di beberapa area. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut, kamipun mengadakan edukasi untuk beberapa kelompok target. Misalnya, untuk orang tua kami berikan edukasi parenting untuk membentengi anak dan keluarga dari pengaruh pornoaksi; untuk pekerja seks komersial, kami sediakan sesi konseling dan workshop keterampilan kain jumputan; lalu untuk anak-anak kami hadirkan para awardee dari angkatan kami yang memiliki profesi unik agar memotivasi mereka untuk berani bermimpi,” ulas Fajar Nugraha, Ketua Samudraraksa.

Untuk Serdadu Samudraraksa, kegiatan ini lebih dari sekedar agenda PK. Mereka merasa bersyukur untuk beasiswa dan kesempatan belajar yang mereka dapatkan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wadah bagi para awardee PK-122 dalam bersinergi dan berkontribusi untuk negeri yang selaras dengan nilai - nilai dari LPDP, yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan.


#LPDPinAction di Kelurahan Cilincing, Kamis, 22 Februari 2018 (KalderaNews/Ist)
“Kami merasa berhutang budi kepada negara karena berkat dana dari LPDP, kami dapat melanjutkan pendidikan kami ke jenjang magister dan doktoral. Bakti sosial ini memang tidak mampu menggantikannya, tapi semoga manfaatnya dapat dirasakan oleh sebagian warga negara ini,” tutur Fajar Nugraha.

“Harapan kami, paling tidak ada beberapa anak daerah ini yang bisa mendapatkan akses pendidikan beasiswa hingga level doktoral.” (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini